Eksplorasi Genre Tiderays di Single Heal or Mend

Apr 12, 2024

Tiderays asal Semarang resmi merilis single anyar mereka dalam tajuk “Heal or Mend” hari Jumat (29/03) dengan menggaet Vajra Aoki dari Femm Chem sebagai kolaborator. Sebelumnya band sudah pernah merilis album bertajuk 401 tahun 2020 lalu.

 

Jika sebelumnya lekat dengan gaya musik neo-crust di album 401, Tiderays yang beranggotakan Ghozy El-Yussa (vokal), Fauby Duvadilan (bas), Dzul Fawaid Ahmad (gitar), dan Yogi Ario (drum) merasa lagu “Heal or Mind” merupakan karya peralihan mereka ke genre post-metal.

Untuk membahas lebih lanjut tentang single “Heal or Mend”, kami menghubungi Dzul yang bercerita tentang latar belakang terciptanya karya ini. Ia mengaku perubahan gaya musik di lagu ini bisa terjadi karena kolaborasi dengan Vajra.

“Vajra Aoki, sahabat kami yang juga punya band di Semarang Femm Chem akhirnya gabung buat garap bareng proyek ini. Hasilnya? Kami sempat gak percaya sama apa yang kami bikin! Ada kepuasan yang gak terkira. The credits should goes to her as well,” kata Dzul via WhatsApp (09/04).

Ia juga sempat memberikan bocoran, bahwa single “Heal or Mend” bakal jadi pembuka untuk perilisan album mereka yang selanjutnya. Album yang dikabarkan bertajuk MAHA itu dijadwalkan meluncur pertengahan tahun ini. Mewakili rekan bandnya, Dzul mengaku excited untuk perilisan sang album.

Berbicara tentang geliat musik di Semarang, Dzul memaparkan bahwa label macam Irama Records adalah ladang informasi tentang materi anyar dari band-band Semarang. Sementara itu, ia turut memberikan apresiasi kepada Whocares Collective yang rutin mengadakan gigs untuk para musisi di sana.

“Kami merasakan geliat musik di Semarang itu bertumbuh. Gairahnya nyata. Meski hal-hal ideal itu masih harus diupayakan dengan keras. Hal-hal itu adalah mimpi bahwa setiap insan yang memilih jalan hidup ini, dapat hidup dari hal yang mereka cintai,” pungkasnya.

 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Wawancara Arswandaru ALI: Tur Eropa dan Permintaan Global

“Kami berusaha untuk tidak ‘yang penting main aja di luar negeri’, tanpa mendiskreditkan venue mana pun di luar negeri,” ujar Arswandaru, basis ALI.

Mister Nobody Memperkenalkan Sosok Kapita di Single Baru

Setelah merilis single “Dreams” tahun 2023 lalu, Arfan Chalid Rabrusun atau dikenal dengan nama panggung Mister Nobody resmi menghadirkan videoklip single anyar “Kapita” via kanal YouTube hari Jumat (24/05).     Kapita adalah gelar …