Enggak Ada di Festival Lain, Ini yang Menarik di Joyland Festival

Nov 9, 2022

Terakhir diadakan di Jakarta pada Desember 2019, Joyland Festival kembali sukses menggelar acaranya di tahun 2022. Digelar di GBK Softball Stadium Senayan pada 4-6 November lalu, Joyland Festival sukses mengisi akhir pekan dengan beragam penampil lokal maupun internasional.

Masih membawa konsep festival semua umur yang laidback dengan area rumput untuk para penonton bersantai sambil menikmati penampilan para musisi, festival besutan Plainsong Live ini melanjutkan ‘tradisi’ dari tahun 2019 dengan beragam fasilitas dan kegiatan yang jarang ada di festival musik lain.

Apa saja fasilitas dan kegiatan tersebut? Simak di bawah ini ya.


Smoking Area

Area khusus merokok di beberapa titik venue / Dok. Syauqi Ibrahim

Mengusung konsep family friendly, membuat Joyland Festival memiliki demografi pengunjung yang sangat luas. Bukan hanya anak muda, para orang tua yang memiliki anak dapat mengunjungi festival ini. Oleh sebab itu, demi kenyamanan semua pihak, smoking area disediakan khusus untuk para penonton yang merokok di beberapa titik venue, sehingga area panggung dan sekitarnya terbebas dari asap rokok.

 

Jadwal Panggung yang Teratur

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Joyland Festival (@joylandfest)

Hal yang sudah menjadi buah bibir di kalangan pengunjung festival ini benar adanya. Pasalnya, Joyland konsisten menjalankan event-nya dengan penjadwalan yang rapih dan teratur sejak 2019. Ketepatan waktu para penampil yang tidak pernah meleset jauh dari rundown dan transisi antar panggung yang sangat mulus menjadi prestasi yang patut diacungi jempol.

 

Shrooms Stage

Bintang Bete di Shrooms Stage / Dok. Syauqi Ibrahim

Selain memberikan hiburan lewat deretan nama musisi, festival ini juga memberikan panggung untuk para Stand-up Comedian beraksi. Panggung yang diberi nama Shrooms Stage ini menampilkan komika-komika yang dikurasi oleh Soleh Solihun. Penonton yang ingin santai sejenak dari hingar bingar musik pun cukup terhibur oleh para komika pilihan sang kurator.

 

Kebijakan Tiket

Kedisiplinan Joyland perihal tiket sangat ketat. Sebab, nama pengunjung yang ingin menukar tiket masuk harus sama dengan nama yang tertera di e-mail dan KTP. Hal ini penting untuk menghindari kecurangan dalam bentuk apapun dan agar kapasitas penonton tetap terkontrol dan tidak membeludak.

 

White Peacock

Ragam kegiatan untuk sang buah hati di Joyland / Dok. Syauqi Ibrahim

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan demografi yang mencakup semua umur, Plainsong Live selaku penyelenggara menyediakan tempat khusus untuk para pengunjung yang membawa anak kecil. Area yang diberi nama White Peacock ini memiliki beragam workshop dan hiburan anak seperti face painting, pottery class dan storytelling. Beberapa musisi seperti Endah N Rhesa dan Frau juga tampil mengisi panggung White Peacock.

 

Tenant Makanan yang Terkurasi

Joyland memastikan pengunjung yang hadir tidak kelaparan / Dok. Syauqi Ibrahim

Sebagai festival yang berlangsung dari sore hingga malam, tenant makanan sudah pasti tersedia untuk para pengunjung. Hal ini memang biasa ada di setiap festival musik manapun. Namun yang berbeda dari Joyland adalah, setiap gerai makanan yang ada sangat terasa proses kurasinya. Harga yang relatif terjangkau dan kualitas rasa yang sepadan menjadikan pengalaman berfestival lebih menyenangkan dan mengenyangkan.

 

Cinerillaz

Bersantai menyaksikan film-film pilihan di Cinerillaz / Dok. Syauqi Ibrahim

Tidak hanya musik dan komedi, para pengunjung juga disajikan hiburan lewat film pendek di Cinerillaz. Tahun ini film-film yang diputarkan adalah hasil kurasi dari Kamila Andini, sutradara dari film Yuni yang tayang 2021 lalu. Kamila Andini menampilkan film-film hasil karya dari filmmakers perempuan yang ia harap bisa lebih mencuat lagi untuk memberikan cerita dan perspektif yang lebih beragam dalam industri perfilman Indonesia.


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Marizka Juwita Rilis Single Baru tentang Perpisahan

Setelah bercerita tentang orang yang gampang jatuh cinta di single sebelumnya, kali ini Marizka Juwita mengeluarkan lagu soal perpisahan dengan seseorang.

Era Baru Seorang Salim Lubis

Di momen ini, Salim Lubis menjawab sebuah tantangan di perjalanan bermusiknya terdahulu, yakni menulis sebuah lagu dengan bahasa Indonesia.