FLAVS Festival Umumkan Tanggal Penyelenggaraan dan Rilis Film Dokumenter

May 22, 2022

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional yang dirayakan pada hari Jumat (20/05) lalu, FLAVS Festival resmi mengumumkan tanggal penyelenggaraan mereka di tahun ini, yakni pada tanggal 10 dan 11 September mendatang.

Festival musik hip hop, soul dan R&B ini melanjutkan perjalanan mereka setelah dua edisi di tahun 2020 dan 2021 yang digelar secara virtual, mendatangkan rata-rata lebih dari 30 ribu penonton serta deretan nama-nama penampil yang masing-masing bergantian mengisi panggungnya.

Untuk menyambut kembalinya FLAVS, mereka juga merilis sebuah film dokumenter berjudul Start From Scratch yang menceritakan bagaimana perjalanan sang festival di awal tahun penyelenggaraannya yang terpaksa melakukan manuver dan perombakan total akibat situasi pandemi.

“Start From Scratch tidak hanya menyoroti dampak COVID-19 secara spesifik di ranah industri musik Indonesia, tetapi juga meringkas napak tilas sejarah tentang bagaimana fenomena hip hop, soul dan R&B itu muncul dan berkembang di Indonesia sampai hari ini”, tutur sang sutradara, Alexander Sinaga.

Dalam sesi penayangan terbatas yang diadakan di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan (20/05), Alexander juga menyampaikan bahwa idenya juga berangkat dari perjalanan mencari hikmah selama masa pandemi.

“Idenya mencari hikmah, bagaimana dihadapkan dengan situasi pandemi, tetap harus jalan, beradaptasi, itu mesti dicapture supaya bisa penting untuk ditonton, untuk dikenang dan didedikasikan untuk teman-teman semua”.

Kilas balik ke FLAVS Virtual 2020. / Dok: FLAVS.

Film dokumenter tersebut juga menampilkan beberapa narasumber yang juga sempat mengisi panggung mereka, sebut saja Iwa K, Ramengvrl hingga Teddy Adhitya.

Bagi FLAVS Festival sendiri, di tahun ini mereka mengangkat tema besar “REVIVAL” dengan semangat yang sama, yakni sebuah apresiasi akan talenta lokal di kancah hip hop, soul dan R&B dari berbagai penjuru Tanah Air.

“Walau hip hop mungkin bukan berasal dari Indonseia, tapi pelaku hip hop tersebar dari Sabang sampai Merauke yang mempunyai keunikan masing-masing. Sehingag seperti semboyan negara kita, Bhineka Tunggal Ika, FLAVS tahun ini mengusung tema Bhineka Tunggal Hip Hop dan menampilkan talenta lokal yang walau berbeda-beda tapi tetap punya satu rumah, yaitu hip hop Indonesia”, tambah Yacko selaku Program Director FLAVS Festival 2022.

Menuju gelaran mereka di bulan September mendatang, juga akan ada rangkaian pre-event seperti Flavs Nu Icon dan virtual competition (DJ Battle, Beatbox Battle, Freestyle Rap Session).

Sejauh ini, belum ada kabar mengenai nama-nama penampil. Terus pantau laman Instagram dari FLAVS Festival untuk info-info selanjutnya.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."

Eksplor konten lain Pophariini

Jangar – Malam (EP)

Pelafalan dan karakter vokal Gusten di EP Jangar, Malam, ini mengingatkan pada Yukie PAS band yang melantangkan lirik dengan suara bulat dan diksi lugas

5 Lagu Cinta Indonesia Pilihan Fabio Asher

Kesuksesan lagu “Rumah Singgah” dan “Bertahan Terluka” yang mendapat sambutan lebih dari 100 juta pendengar di layanan streaming musik membawa Fabio Asher sampai di titik ini. Ia juga sudah mengantongi materi baru lewat perilisan …