59

Gandeng Hindia, Seri Terbaru Mantra Vutura Resmi Dimulai

Mantra Vutura
Mantra Vutura gandeng Hindia di single terbarunya

Sudah menjadi trademark tersendiri bagi Mantra Vutura soal merilis lagu berseri dan berkesinambungan. Setelah bulan lalu merilis “2020”, maka kali ini giliran “Percakapan Pt.1” yang resmi mereka rilis awal Mei lalu. Tidak hanya berdua, Mantra Vutura turut menggaet Baskara Putra alias Hindia untuk ambil bagian dalam single ini.

Masih memiliki tema yang beririsan dengan single “2020”, single baru ini mengangkat soal hubungan vertikal manusia dengan penciptanya. Berbicara mengenai tema yang diangkat, kami sempat berbincang dengan ketiganya pada virtual interview Jumat (15/05) lalu.

“Ide dasarnya kan Mantra Vutura ingin ngajak Baskara untuk buat lagu yang membahas tentang ‘ketuhanan’ dan inti besarnya pokoknya hubungan vertikal antara manusia dengan Tuhan. Baskara memiliki sudut pandang yang lain, dia ingin menambahkan liriknya seperti ini, ternyata liriknya ya sangat dalam dan bisa dibilang bisa diinterpretasikan macam-macam gitu sih”, tutur Tristan.

Baca juga:  KPR Tutup Rangkaian Tur Meroket Bersama Compass

Zakari pun juga menambahkan pendapatnya mengenai tema yang mereka angkat. “Sebenarnya awalnya tuh untuk ini sih, Mantra Vutura kan album sebelumnya membahas tentang 7 kebajikan manusia, nah ini tuh pengen ada lanjutannya, jadi membahas tentang hubungan antara manusia dan Tuhannya. Ide awalnya dari situ untuk melanjutkan tema album yang sebelumnya.

Single ini seolah menjadi penampakan sisi putus asa manusia ketika doa-doanya tidak diindahkan, juga menjadi dialog antara mereka yang menyalahkan Tuhan atas situasi dan keterpurukan, yang mana adalah akibat ulah manusia sendiri. Meski penuh pertentangan, lagu ini tetap mengingatkan kita untuk memperbaiki rasa syukur yang seringkali absen.

Jika berbicara mengenai lagu berseri, sebelumnya Mantra Vutura pernah merilis “The Creation Pt.1” dan “The Creation Pt.2” pada EP Solar Labyrinth di 2017 lalu. 2 lagu itu pun dilanjutkan dengan “The Creation Pt.3” yang masuk kedalam album Human di 2019.

Baca juga:  Konser Mini Intim Angsa & Serigala
Mantra Vutura di Synchronize Fest

“Kalau misalnya lagu berseri Mantra Vutura, awalnya kan ada “The Creation Pt.1” sampai part 3 kan, sebenarnya paling gampang itu mengenai rasa syukur terhadap pencipta alam semesta ini. Makanya kita ngerasa kayaknya rasa syukur gak bisa cuma dilakukan sekali doang, tapi berjilid-jilid juga. Sama kayak lagu, berjilid-jilid. Lalu treatmentnya untuk di single “Percakapan Pt1” ini pun, karena kita yakin percakapan tuh bisa dengan siapa saja yang mau kita bahas”, ucap Tristan.

Keputusan untuk mengajak Baskara sebagai kolaborator didasari karakter vokal dirinya serta ketajaman liriknya. Kombinasi tersebut dirasa pas untuk menyempurnakan lagu yang komposisinya terdengar kompleks, tidak beraturan dan chaos ini.

Baca juga:  Buntut Virus Corona, Festival Head In The Clouds Jakarta: Postponed
Baskara / foto. Mikael Aldo

“Kalau gue seneng aja sih, akhirnya bisa bikin lagu kayak gini. Ini mimpi gue dari dulu, kayak di tiap press release atau interview gitu gue kan selalu bilang bahwa gue sangat mendengarkan Justin Vernon dan dari dulu pengen banget bisa bikin lagu kayak dia, walaupun ini nggak sebanding dengan apa yang bisa dia bikin, cuman ibaratnya ini kayak sparing lah atau kayak belajar, belajar bikin lagu seperti apa yang kayak dia bikin gitu. Secara kualitas gua yakin jauh gitu dibanding sama dia, cuman gue seneng banget akhirnya bisa mulai, bisa masuk ke spektrum audio yang dari dulu gue cuma bisa dambakan doang, dan ternyata memang kalau mau bikin kayak gini harus bareng sama Tristan dan Zakari”, jawab Baskara mengenai pendapatnya terhadap single ini.