3757

Gitaris Indonesia Yang Identik Dengan Gitar Bertanduk Setan

Musik rock punya gitar model Stratocaster dan Les Paul sebagai ikon rock n roll. Dari Jimi Hendrix yang identik dengan Stratocaster hingga gitaris Led Zeppelin, Jimmy Page identik dengan gitar model Les Paul. Selain dua model gitar itu ada juga gitar Gibson SG yang  identik dengan musik rock yang memabukan juga dengan musik heavy metal. Selain karena karakter suaranya yang khas ditambah bentuk body-nya ramping dengan bentuk ujungnya yang seperti memiliki dua tanduk “devil horn” yang mengingatkan seperti ‘pemujaan’ kepada setan sebagai ikon rock.

Dalam sejarahnya gitar SG kemudian menjadi ikon musik rock yang lebih berat karena dimainkan oleh para gitaris rock memabukan seperti Robbie Krieger gitaris The Doors, dan pelopor musik heavy metal di 70an seperti Angus Young gitaris AC/DC, hingga ‘mbah’ nya gitaris heavy metal, Tony Iomi, gitaris Black Sabbath. Di Indonesia, meskipun pemakai gitar SG bisa dibilang cukup minoritas, namun ada 5 gitaris lokal yang sangat identik dengan gitar SG.

Baca juga:  Keseriusan Eksplorasi Noise: Terima Kasih Stevi Item

Inilah mereka 5 gitaris lokal pemakai gitar bertanduk setan, model SG di Indonesia.

 

Ricky Siahaan “Seringai”

Foto: dok. Seringai

Alasan utama Ricky memilih gitar Gibson SG adalah karena kebutuhan sound gitar untuk Seringai yang vintage tapi agak modern. Yang mana tidak ditemui di gitar lainnya seperti Les Paul misalnya.

 

Eet Sjahranie “Edane”

Foto: dok. EdanE

Siapa sangka salah satu gitaris heavy metal senior yang permainannya dipengaruhi oleh Eddie Van Hallen ini malah memilih model SG yang bentuknya lebih vintage untuk dibuatkan gitar signature series-nya namun dengan fitur lebih modern. Sehingga lahirlah Gitar Radix GES Eet Sjahranie Signature Series yang diproduksi oleh produsen gitar lokal, RADIX.

Baca juga:  Wawancara The Jadugar: 15 Tahun Mengobrak-abrik Video Musik Indonesia

 

Ebenk “Burgerkill”

Foto: dok. TrueMegabenz

Pendiri dan penulis lagu band metal Burgerkill ini juga sosok yang sangat identik dengan gitar SG. Yang menjadi senjata kesayangannya adalah Gibson hitam dengan stiker kepala kambing yang merupakan logo dari toko merchandise rock miliknya, Chronic Rock. Dan ketika Burgerkill menjalani tur nya Eben bisa sampai membawa 6 atau 7 gitar, dan sebagian besar adalah gitar SG.

 

Haikal Azizi “Sigmun”

Foto: dok. Sigmun/@Shutterbeater

Band rock doom/stoner yang sangat dipengaruhi salah satunya oleh Black Sabbath. Tidak heran bila  Haikal Azizi vokalis/gitaris ini memakai gitar custom model SG seperti yang dipakai Tony Iomi.

 

Rekti Yoewono “The SIGIT”

Foto: dok. Rekti

Gitaris berbadan tipis ini sangat identik dengan model gitar SG. Bahkan sejak dari pertama kali manggung, ia sudah menggunakan SG putih yang bermerk Epiphone. Mengaku terobsesi dengan gitar Gibson SG, saat ini Rekti memiliki beberapa koleksi gitar Gibson SG.

Baca juga:  Irama Dari Nusantara: Perjalanan Panjang Radio Kita

 

____