87

Glaskaca Menyepi di Banda

Genap sebulan melempar “Atom”, grup rock alternatif asal Jakarta, Glaskaca kembali merilis single terbarunya yang berjudul “Banda”. Single ini resmi dirilis Jumat (31/8) kemarin di platform digital.

Ini adalah single ketiga Glaskaca yang didapuk sebagai pengantar album penuh perdana yang bertajuk Adendum yang akan dirilis dalam waktu dekat.

Lewat “Banda, Glaskaca kembali membuktikan bahwa ruang bermusik mereka tidak terbatas.

“Lagu ini terdengar berbeda dari lagu lainnya di dalam album Adendum nanti karena kami betul-betul nggak ngasih batasan dalam bermusik, jadi kami bebas mengeksplorasi seluas-luasnya,” ujar Rayhan Noor, gitaris sekaligus pencipta lirik.

Turut terangkum dalam album Adendum, single “Banda” menyuarakan tentang momen refleksi diri manusia yang tercermin dalam kepulauan Banda itu sendiri.

Baca juga:  Makna Wanita Kuat Bagi Fabian Winandi

“Kepulauan Banda menggambarkan fase perenungan itu sendiri. Menyepi, menjauh sebentar dari pusaran,” jelas Rayhan lagi. “Di saat yang sama, pulau itu juga ngasih pesan untuk jangan takut dan terus berjuang. Seperti pulau-pulau di Banda, walaupun kecil dan dikelilingi laut yang sewaktu-waktu bisa ganas, tapi masih bertahan dan tetap indah.” ujar Rayhan.

Keterlibatan Iga Massardi, gitaris dan vokalis Barasuara cukup besar dalam pembuatan single ini. Selain sebagai produser musik, Iga juga sebagai co-writer, arranger juga mengisi gitar dalam lagu “Banda” ini.

Telah bersama sejak 2013, band yang diawaki Dias Widjajanto (vokal, gitar), Aldi Nugroho (drum), Rayhan Noor (gitar, synth), dan Moses Mahitala (programming, synth) ini telah merilis dua mini album, Staedig EP dan Identity EP, serta dua buah single berjudul “Preclear” dan “Polymath” yang dirayakan melalui Triangle Tour di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta pada akhir 2017 lalu.

Baca juga:  Tashoora Suarakan Isu Sosial Di Album Perdana

Album penuh perdana Glaskaca bertajuk Atom akan dirilis September ini. Sebelum “Banda” mereka telah terlebih dulu merilis single “Putih” dan “Atom” pada beberapa waktu lalu.