Gondrong Merdeka!

1100

Musik rock dan rambut gondrong adalah entitas yang tidak bisa dipisahkan. Dari John Lennon hingga Kurt Cobain, di Indonesia dari Ian Antono gitaris legendaris grup God Bless, hingga Ello yang kini tampil bak Dave Grohl. Imaji pria gondrong sangat lekat dengan band rock. Hukumnya adalah wajib. Entah apa jadinya bila dalam musik rock tidak ada yang berambut gondrong. Untungnya hal itu tidak terjadi di dalam musik Indonesia. Maka itu dalam suasana kemerdekaan ini, para musisi yang merdeka berambut gondrong bercerita pada Pop Hari Ini tentang aset paling paling berharga mereka itu.

 

J.A.V. Otong. Vokalis/gitaris Koil

Sejak kapan  gondrong? kayanya sejak 1992. Kenapa memilih berambut gondrong? Kalo rambutku pendek bolak balik cukur kepingin potongan kaya Lebon (Duran-Duran), Gahan (Depeche Mode), (David) Bowie. Bimbang selalu. Rekor rambut terpanjang? Paling panjang sepantat lebih dikit. Suka duka gondrong di panggung? Kalo manggung harus dicatok. Kalo gak dicatok selalu masuk mulut bikin susah nyanyi keselek mau muntah. Pernah terbesit untuk potong rambut? I udah nolak beberapa tawaran film dan iklan bayarannya gede. syaratnya rambut kudu pendek tar aja kalo b.u (butuh uang) baru kupikirkan. Kalau berambut pendek, khawatir kadar rock nya berkurang? Kalo rambutku pendek akan terlalu mudah mendapatkan wanita gitu. Da aku mah bukan rocker.

__

Gede Robi. Vokalis/gitaris Navicula, petani dan aktifis.

foto: Rio Wisesa

Sejak kapan gondrong? Sejak 2005, waktu berhenti kerja kantoran. Kenapa memilih berambut gondrong? Karena enak buat ngumpet waktu nyanyi di atas panggung. Rekor rambut terpanjang? Di atas pinggang. Suka duka gondrong sehari-hari? Sukanya keliatan rocker, dukanya banyak! Panas, ribet, perawatan harus ekstra, sering rontok, dan extra persiapan kalau mau kerja dan waktu buat ikat-ikat, dsb. Pernah terbesit untuk potong rambut? Pernah potong pendek malah, 3 tahun lalu, tapi kemudian insyaf dan gondrong kembali. Alasan apa yang bikin potong rambut? Motong gara-gara lagi sibuk sama proyek berkebun, biar gak gerah. Tapi alasan utamanya adalah karena rambut gondrong sangat mengganggu waktu keromantisan di kasur. Kalau berambut pendek khawatir kadar rock nya berkurang?  Sedikit khawatir, karena tampangku pas-pasan, jadi rambut gondrong bisa menutupi kekurangan ini, terutama waktu difoto.

__

Oomleo. Personil Goodnight Electric, seniman dan pengurus Ruang Rupa

foto: Achmad Soni Adiffa

Sudah berapa lama memelihara rambut gondrong? 5 tahun. Rekor rambut terpanjang kamu? ini sovar yang terpanjang, nyaris ampe perut. Apa suka duka berambut gondrong dalam kehidupan sehari-hari? Suka: kadang terlihat sangar. Lumayan buat nakut-nakutin tukang parkir mini market. Duka: terjenggut diri sendiri, kadang menghambat aktifitas gerak. Fakingsyit! Apa suka duka berambut gondrong di atas panggung? Tersundut rokok, menghalangi pandangan ke keyboard, nyangkut di tuts keyboard. Pernah terbesit untuk potong rambut? Sering. Namun sayang. Menggondrongkan lebih sulit daripada mencepakkan. Kira-kira apa yang akan bikin kamu potong rambut? Diajak umroh oleh keluarga. Kalau berambut pendek khawatir kadar rock nya berkurang?  Tidak sama sekali. rocker culun adalah keren.

__

John Paul Patton. Vokalis/bassis Kelompok Penerbang Roket

foto: Decky Arrizal

Sejak kapan gondrong? Sejak lulus SMA. Bahkan di SMA pun kejar-kejaran sama guru karena rambut panjang sendiri. Suka duka gondrong sehari-hari? Dukanya itu setelah mandi ngeringinnya butuh kesabaran, apalagi kalau cuacanya mendung atau nggak panas, ditambah kalau lagi di daerah dingin. Sukanya adalah merasa beda aja, bisa kibas-kibas rambut ke orang. Suka duka gondrong di panggung? Dukanya itu terkadang rambut suka masuk ke mulut kalau kena angin, ngunyah rambut jadinya deh. Pernah juga makan permen karet terus rambut ada yang masuk mulut terus malah nempel. Kalau sukanya ya sudah suka saja punya rambut gondrong pas manggung. Pernah terbesit untuk potong rambut? pernah buat mendekin saja, kalau buat potong pendek nggak pernah. Kira-kira apa yang akan bikin kamu potong rambut? Kalau mau kerja kantoran. Kalau berambut pendek khawatir kadar rock nya berkurang? Muka saya lebih cocok dengan rambut gondrong. Dan semua band rock idola personilnya itu berambut gondrong, ya sudah menjadi bagian dari budaya dan tradisi sih, balik ke selera saja.