hara Menuju EP Perdananya

May 24, 2021

Masih ingat dengan hara, proyek terbaru dari Rara Sekar? Setelah menutup cerita dengan Banda Neira dan Daramuda, Rara Sekar memulai proyek terbarunya, yakni sebuah proyek solo dengan nama hara. Di bulan Oktober lalu, “Ati Bolong” hara hadirkan sebagai penanda awal perjalanan terbarunya ini.

Sekarang, di penghujung bulan Mei ini (24/05), hara melanjutkan perjalanannya dengan resmi melepas “Kebun Terakhir”, single terbarunya. Kabar baik tidak berhenti sampai disitu saja, karena dalam waktu dekat ini sebuah EP debut akan hara hadirkan, yang bertajuk Kenduri.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by hara (@musikhara)

Sekilas mengenai Kenduri, ada cerita menarik dibalik EP ini. Nantinya, keseluruhan materi dari EP tersebut akan membawa cerita dari satu lagi hobi lain dari hara (Rara Sekar), yakni berkebun. Memang, dalam beberapa waktu ke belakang Rara Sekar bersama sang suami, Ben Laksana, nampak asyik mengurus kebun mereka sendiri.

Upaya hara dalam mencari harapan selama masa pandemi ini yang akhirnya ia temukan di kebunnya, adalah tema besar dari Kenduri.

“Berkebun pada mulanya hanya rasa ingin tahu saja. Tapi sekarang motivasinya jauh lebih besar. Dari berkebun, aku bisa belajar banyak seperti relasi manusia dengan alam, dan bagaimana aku sendiri juga berelasi dengan alam itu sendiri”, mengutip Rara Sekar kepada pophariini beberapa waktu lalu melalui edisi cetak perdana PHI.

Sementara, jika kembali ke single “Kebun Terakhir”, dirinya ingin menyampaikan tema besar atas apa yang ia temukan di kebunnya, yang kali ini adalah cerita seputar harapan dalam keadaan yang penuh duka. Tidak hanya itu, “Kebun Terakhir” juga terinspirasi dari para petani Indonesia yang berjuang untuk mempertahankan tanah mereka, dan juga sebuah bentuk eksplorasi kebun sebagai ruang juang terakhir untuk menumbuhkan harapan.

Sang solois masih turut dibantu oleh Febrian Mohammad (Layur & Seruak) dalam hal produksi, sementara untuk mastering oleh Putu Deny Surya. “Kebun Terakhir” dirilis melalui label rekaman Akar Wangi Records, sementara untuk distribusi digital dibantu oleh REDROSE Records.

Single terbaru hara, “Kebun Terakhir” sudah bisa disimak melalui berbagai layanan streaming musik yang tersedia, Sementara EP debutnya, Kenduri, akan hadir di awal bulan Juni (07/06) mendatang.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Kaset Klub, Program Inisiasi La Munai Records dan Les Siebon

La Munai Records bersama Les Siebon resmi menghadirkan Kaset Klub, sebuah program pengarsipan musik dalam format kaset pita serta merchandise.

16 Pertanyaan: Voice of Baceprot

Sejak terbentuk tahun 2014, mereka tak pernah menargetkan apapun secara khusus. Voice of Baceprot hanya ingin berdiri di atas kaki mereka sendiri.