Hari Kartini, Yacko Rilis Single Women King

Apr 23, 2023

Yacko kembali merilis single terbaru yang dinamakan “Women King” bertepatan dengan peringatan hari Kartini (21/04). Lagu ini menghadirkan kolaborator spesial, yaitu Jaydawn dari Eyefeelsix yang bertindak sebagai pembuat beat.

Semangat dan pemikiran Raden Adjeng Kartini banyak memengaruhi Yacko untuk melawan diskriminasi dan mendobrak stereotip. Alasan itu pula membuat ia berani menyuarakan kekuatan perempuan di bidang seni, terutama seni graffiti di Indonesia. 

“Terima kasih untuk semangat dan pemikiran #Kartini serta para seniman perempuan yang telah menginspirasiku & perempuan lain untuk melawan diskriminasi dan mendobrak bias stereotip lewat usaha dan karyanya,” tulis Yacko dalam unggahan Instagramnya.

Lirik lagu baru Yacko ini menceritakan tantangan yang dialami oleh graffiti writers perempuan, seperti direndahkan secara verbal, dipandang sebelah mata, hingga mengalami cat calling yang tampak dalam lirik, “Let’s stop the cat call. Focus on the wall”.

Dengan perilisan single ini, Yacko berharap para perempuan bisa bersatu dan tidak saling menjatuhkan untuk melawan hal-hal yang ia beberkan di lagu agar dunia bebas dari pelecehan seksual, lebih inklusif, adil, dan merata.

Videoklip “Women King” yang disutradarai oleh Oji dari Ideos sudah lebih dulu rilis tanggal 8 Maret 2023 di hari Perempuan Internasional. Kini lagu juga sudah bisa didengarkan melalui layanan streaming musik.


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.

Eksplor konten lain Pophariini

Daftar Penyanyi Latar Musisi Indonesia

Sebuah lagu yang terdengar harmonis tak lepas dari sumbangsih warna vokal yang dihasilkan oleh penyanyi latar. Peran mereka kadang tak kasatmata atau mungkin dianggap lalu. Kenyataannya, penyanyi latar tidak bisa dianggap remeh. Jika menilik …

Lirik Lagu Matimuda Jenny adalah Doa Hidup Panjang dan Bermanfaat

Farid Stevy FSTVLST adalah salah satu nama yang langsung terpikir saat membahas penulis lirik berbahasa Indonesia terbaik. Paling tidak buat saya sebagai penulis artikel ini. Menyambut lusa yaitu Senin hari yang tak kalah sibuk, …