458

Ibadah Rekti The SIGIT dan Eka The Brandals di Soundrenaline 2019

Rekti "The SIGIT" dan Eka Annash "The Brandals / Zigi Zaga"

Festival musik Soundrenaline kembali digelar besok pada 7 dan 8 September 2019. Bertempat di Garuda Wisnu Kencana, Bali. Dan nama internasional yang akan tampil adalah legenda britop asal Inggris yaitu Suede, dan Primal Scream. Dua nama yang menginspirasi Rekti, vokalis/gitars The SIGIT dan Eka Annash, vokalis The Brandals/bassis Zigi Zaga.

Suede dan Primal Scream

Rekti dkk. di The SIGIT mengaku sangat antusias untuk bisa berbagi panggung dengan salah satu band britpop kesukaan mereka yaitu Suede yang akan tampil di hari pertama Soundrenaline. Meskipun kecil kemungkinan mereka bisa menyimak karena jadwal manggung yang kemungkinan berdekatan tapi Rekti sangat berharap untuk bisa menonton band kesukaanya sejak SD. Sehingga seperti yang ia ceritakan saat konfrensi pers Road To Soudnrenaline kemarin, baginya menonton Suede bagaikan seperti “ibadah umroh”.

Baca juga:  Internet dan Media Sosial Dalam Lirik Musik Indonesia

Rekti sendiri tumbuh mendengarkan band band britpop seperti Blur dan Suede sejak dari duduk di banguk SD – SMP, dan mendengarkan seluruh diskografi albumnya secara penuh, di antara band-band kesukan lainnya seperti Led Zeppelin dan the Beatles. Dan jika harus memilih Rekti memilih album perdana Suede (1993) sebagai album favoritnya. Sementara tiga lagu yang menjadi favoritnya adalah Animal Nitrate (Self Titled, 1993), New Generation (Dog Man Star, 1995) dan Chemical Between Us (Coming Up, 1996)

Suede – Self Titled (1993)

Sementara Eka yang tidak tampil di Soundrenaline 2019 kali ini memilih untuk menikmati Primal Scream secara utuh. Kepada Pop Hari Ini Eka menceritakan alasannya kenapa Primal Scream menjadi inspirasinya:

Baca juga:  5 Musisi yang juga Youtuber

“Band/musisi yang jadi inspirasi buat gw adalah yg terus mendorong dinding eksperimen dan tidak terpaku di satu titik. Primal Scream (atau Bobby Gilespie) menurut gw band yang sangat fleksibel bisa mengadapatasi dan eksplorasi dengan palet musik lain dari album ke album, tapi tetap mempertahankan DNA Rock n Roll di akar terdalamnya”

Dan jika harus memilih, album pilhannya adalah Vanishing Point (1997). Karena di situ mereka pertama kali meramu berbagai macam genre sehingga begitu eklektik. Plus bassis Mani juga pertama kali gabung memperkuat formasi Primal Scream. “One of the best album from the glorious Britpop era” ujar Eka kepada Pop Hari Ini. Sementara jika harus memlih tiga lagu pilihannya adalah: “Kowalski” (Vanishing Point), “Rise” (Evil Heat) dan “Country Girl” (Riot City Blues).

Baca juga:  Gelombang Terkini Musisi Independen Berbahasa Indonesia
Primal Scream – Vanishing Point (1996)

Simak lagu-lagu Suede/Primal Scream pilihan Rekti The SIGIT dan Eka The Brandals/Zigi Zaga di playlist Spotify Pop Hari Ini di bawah ini:

____