Ican Harem Non Aktif Sementara, GMO Jalan Terus

Sep 7, 2022

Musisi Ican Harem, personel dari duo elektronik asal Bali, Gabber Modus Operandi (GMO) dikabarkan non-aktif sementara dari GMO. Keputusan ini diambil oleh grup ini sebagai respon dari berita dugaan kekerasan seksual yang diduga menimpa Ican Harem baru-baru ini.

Lewat siaran pers yang diunggah dari akun instagram resminya, GMO melakukan upaya-upaya yang bertujuan untuk menyelesaikan kasus tersebut, antara lain dari konsultasi dengan ahli, menghubungi terduga korban sampai akhirnya mereka menunjuk tim independen yang di dalamnya menunjuk ahli hukum perempuan berpengalaman sebagai mediator yang bertugas sebagai pendamping korban. Tim mediasi ini bekerja selama 1 minggu lamanya untuk mengupayakan mediasi dan mencari fakta dari berbagai pihak.

Sampai akhirnya dibuat kesimpulan bahwa Ican Harem akan menjalani proses rehabilitasi yang didalamnya termasuk konseling dengan psikolog, edukasi tentang kekerasan seksual dan penguatan terhadap pasangan dan keluarga selama 6 bulan sebagaimana waktu yang diminta Ican sendiri. Beberapa langkah lain terkait dengan proses rehabilitasi ini juga diambil mereka sebagai grup.

Akan tetapi, dari penjelasan mereka, aktivitas bermusik GMO masih tetap jalan tanpa Ican Harem. Meski timpang, namun grup ini akan terus berjalan sebagaimana mestinya dan peran Ican akan tetap dijalankan oleh DJ Kasimyn.

Sebelumnya Gabber Modus Operandi (GMO) mengumumkan bahwa mereka membatalkan tur mereka ke Kanada. Kabar ini diumumkan mereka lewat unggahan instagram resmi mereka pada Kamis (25/8) kemarin.

“Menonaktifkan GMO selama masa investigasi termasuk membatalkan tur GMO ke Kanada, sebagai sarana rehabilitasi dan reflaksi mendalam bagi seluruh anggota GMO,” tulis mereka dalam pernyataan resminya.

Adapun yang menjadi penyebab mereka batal tur adalah akibat dugaan tindak kekerasan seksual yang menimpa salah satu anggota mereka pada tahun 2019 silam. Akibat dugaan kasus kekerasan seksual ini, mereka membatalkan tur mereka ke Kanada yang seharusnya akan berlangsung pada 23 Agustus – sampai 28 Agustus.

Penulis
Wahyu Acum Nugroho
Wahyu “Acum” Nugroho Musisi; penulis buku #Gilavinyl. Menempuh studi bidang Ornitologi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, menjadi kontributor beberapa media seperti Maximum RocknRoll, Matabaca, dan sempat menjabat redaktur pelaksana di Trax Magazine. Waktu luang dihabiskannya bersama bangkutaman, band yang 'mengutuknya' sampai membuat dua album.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Dhira Bongs Untai Ragam Kisah di Album Ketiga

Dhira Bongs, solois pop asal Bandung baru saja merilis album penuh ketiganya di hari Jumat (23/09) lalu. Simak kisahnya berikut ini.

5 Alasan Kenapa Last Child Enggak Bubar

Simak 5 alasan kenapa Last Child tidak memutuskan untuk bubar dan masih bertahan sampai hari ini. Selengkapnya di Pophariini.com.