Menyingkapi Dugaan Kekerasan Seksual, GMO Batal Tur Kanada

Aug 26, 2022

Gabber Modus Operandi (GMO) mengumumkan bahwa mereka membatalkan tur mereka ke Kanada. Kabar ini diumumkan mereka lewat unggahan instagram resmi mereka pada Kamis (25/8) kemarin.

“Menonaktifkan GMO selama masa investigasi termasuk membatalkan tur GMO ke Kanada, sebagai sarana rehabilitasi dan reflaksi mendalam bagi seluruh anggota GMO,” tulis mereka dalam pernyataan resminya.

Adapun yang menjadi penyebab mereka batal tur adalah akibat dugaan tindak kekerasan seksual yang menimpa salah satu anggota mereka pada tahun 2019 silam. Meski demikian, GMO belum dapat menjelaskan dugaan tersebut secara lengkap sebagai upaya mereka untuk memberikan perlindungan bagi korban juga berdasarkan fakta bahwa korban tersebut belum memberikan laporan pengaduan kepada mereka.

 

unggahan pernyataan resmi Gabber Modus Operandi / dok @gabbermodusoperandi

 

Langkah ini diambil sebagai bentuk tanggungjawab atas dampak yang diakibatkan oleh peristiwa tersebut.

Lewat keterangan resminya, duo yang digawangi oleh Ican Harem dan DJ Kasimyn ini juga mengambil beberapa langkah seperti yang disebutkan, dari mulai meminta keterangan dari pelaku, mengubungi pelapor berikut pemulihan, meminta pihak mediator, termasuk diantaranya menonaktifkan grup ini tak terkecuali rencana-rencana ke depan mereka, salah satunya adalah tur ke Kanada.

Seperti diketahui sebelumnya bahwa duo elektronik asal Bali ini dijadwalkan akan berangkat ke Kanada pada 23 Agustus kemarin. di Kanada mereka akan bermain di 3 tempat yaitu Toronto (23/8), Montreal (27/8) dan Vancouver (28/8).

Jadwal tur Kanada Gabber Modus Operandi

Gabber Modus Operandi sendiri baru saja menjajal rangkaian tur Eropa selama tiga bulan, dimulai dari bulan April lalu dan ditutup di penghujung bulan Juni. Beberapa kota mereka singgahi, mulai dari Athena, Brussels, Lisbon, Berlin hingga Amsterdam.

Sementara itu, mereka juga sudah dikonfirmasi akan tampil di gelaran Pestapora di bulan September dan Synchronize Fest pada bulan Oktober mendatang.

Selain akan bermain di Kanada, Gabber Modus Operandi baru-baru ini juga turut berkontribusi di album terbaru Björk, Fossora yang akan rilis dalam waktu dekat.

Penulis
David Silvianus
Mahasiswa tehnik nuklir; fans berat Big Star, Sayur Oyong dan Liem Swie King. Bercita-cita menulis buku tentang budi daya suplir

Eksplor konten lain Pophariini

D’MASIV – 8

Dalam album 8, D’Masiv kembali ke warna yang sudah dikenal sebelumnya dan kali ini dengan pengaruh soft-rock dan pop-balada 80/90an yang jitu

VALE! Bicara tentang Single Hahaha Confused dan Keinginan Manggung

Markus Kale atau dikenal dengan nama panggung VALE! asal Jakarta Utara mengawali tahun 2024 dengan single “U”. Kini ia memutuskan kembali lewat perilisan single baru “Hahaha Confused” hari Jumat (07/06).   Kami menghubungi Markus …