Jangan Cuman Hiburan, Juga Pikirin Lingkungan

Dec 13, 2021

Tema environmentalism di dalam film layar lebar bukanlah sesuatu yang baru, mengingat memang sedang marak pesannya di dunia. Dari film bertema masa depan suram seperti Mad Max atau Waterworld; hingga film bencana seperti The Day After Tomorrow atau 2012. Namun cerita-cerita peringatan ini memang terasa terlalu kelam.

Film seputar lingkungan ada banyak, dokumenternya lebih banyak lagi. Jadi mungkin musim ini manfaatkan waktu luang yang kamu punya untuk coba nonton beberapa film rekomendasi dari kami ini yang mencakupi keindahan alam hingga global warming.

Karena enggak semua film tentang lingkungan harus mencekam kok. Kadang yang santai-santai aja udah cukup. Mengingatkan kita tentang kondisi bumi yang harus kita jaga.


David Attenborough: A Life on Our Planet

Dokumenter ini bersifat rekaman saksi naturalis legendaris David Attenborough. Karirnya sebagai sejarawan alam dan pembahasan tentang biodiversity bumi merupakan topik utama dokumenter ini. Narasinya membawa kita melalui berbagai macam kondisi alam yang mulai terkikis oleh aktivitas manusia. Ia mengkritik harus pengurangan kehidupan binatang liar hingga membawa solusi dan saran terhadap apa yang masyarakat umum bisa melakukan untuk membantu.

 

Koyaanisqatsi

Disutradarai oleh Godfrey Reggio dan discoring oleh Philip Glass, ini terasa seperti sebuah epik. Sebuah karya tanpa narasi yang mengeksplorasi terminologi ‘Koyaanisqatsi’, yang bisa diartikan sebagai hidup yang lepas dari keseimbangan. Film ini meng-impose visual yang kuat dengan tema-tema alam dan perbandingannya dengan kehidupan urban.

 

An Inconvenient Truth

Film dokumenter ini memang terlihat experimental. Merangkum kampanye yang dilakukan mantan presiden Amerika Serikat Al Gore di tahun 2000 mengenai global warming. Sebagai salah satu film pertama yang bertemakan global warming yang populer. Film ini dilengkapi dengan sejumlah grafis dan data lengkap yang menyangkut riset Al Gore.

 

Moving Art

Mung


kin agak sulit untuk menyebut karya ini sebagai film konvensional. Karena semi-dokumenter ini merupakan serangkaian dokumentasi alam tanpa narasi. Namun pesan yang karya ini sampaikan sangatlah kuat. Sebagai sebuah mini-series, setiap episode memberikan gambaran yang ekstenstif mengenai ekosistem yang unik dari seluruh dunia.



Avatar

Blockbuster buatan James Cameron ini memang seperti film anti-kolonialisme pada dasarnya. Apalagi konflik utamanya seputar rakyat pribumi melawan pendatang. Tapi tema ini dilatarbelakangi pentingnya ekosistem alam planet mereka dalam kelangsungan hidup yang sustainable. Lucunya memang film yang menyangkut planet lain malah memiliki pesan yang kuat untuk bumi kita ini.


Penulis
editorial
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Melepas Penat Sejenak Bersama Vintonic

Sejak terbentuk di tahun 2019, trio Vintonic melalui perjalanan selama rentang waktu tersebut dengan menghadirkan beberapa single.

Keseruan Pica Fest Masih Berlangsung!

Keseruan Pica Fest masih berlangsung! Sejak hari Kamis (04/08) lalu, gelaran Pica Fest resmi diselenggarakan di Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali.