Kalimantan: Peta Musik yang Menjanjikan

• Sep 13, 2019

Kalimantan Timur memiliki banyak potensi band band keren yang jauh dan lepas dari radar industri musik Indonesia,salah satunya adalah Murphy Radio, Adios, di Kukar sendiri ada Budass, Biang Kerock dan Liang Lahat.

Adakah label, atau kolektif atau venue yang juga perlu di highlight?

Distorsi selain label juga adalah rumah bagi Skena musik keras Kukar, walaupun dalam beberapa album terakhir kami dirilis oleh demajors (Untuk album Teror dari Belantara, Arm Stretch Bandung (semesta Rawa dan Mantra).

Jika ada kekurangan, apakah kekurangan dari skena di Kalimantan (atau Kukar)?

Kekurangan sih ada, baik dari segi infrastruktur, pantauan media media nasional, namun kami tetap terus bergerak. Jadi seperti pepatah anak anak disini “Terus menari, berputar, mengelilingi api”

Menyenangkan melihat skena yang tumbuh pesat dan potensial. Saya tak pernah membayangkan di balik hijaunya hutan hujan tropis yang segar ada skena musik keras yang menarik untuk disimak. Tulisan dan wawancara ini membuat saya mengandai-andai transportasi ke Kalimantan murah, mungkin saya akan makin sering ke sana, mengelilingi kampus dan tongkrongan atau sesekali mengunjungi mekah-nya festival metal di sana.

Dengan ibukota negara yang dipindah, sisi positif yang akan terjadi adalah skena ini makin meriah. Dan bukan tidak mungkin setelah saya menulis ini, bahwa nantinya barometer musik tak hanya milik Jawa, lebih spesifik lagi, Jakarta semata. Seperti telah saya jelaskan di atas, potensi ke arah itu sudah ada dan masih akan berkembang lagi.

 

______

Penulis
Wahyu Acum Nugroho
Wahyu “Acum” Nugroho Musisi; penulis buku #Gilavinyl. Menempuh studi bidang Ornitologi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, menjadi kontributor beberapa media seperti Maximum RocknRoll, Matabaca, dan sempat menjabat redaktur pelaksana di Trax Magazine. Waktu luang dihabiskannya bersama bangkutaman, band yang 'mengutuknya' sampai membuat dua album.

Eksplor konten lain Pophariini

Eksistensi Sebuah Band oleh Ramadhista Akbar (Nidji)

Ada begitu banyak faktor yang menyebabkan sebuah band untuk berhenti berkarya ataupun bubar. Gitaris Nidji, Ramadhista Akbar mengulasnya.

Mau Tau Banget?: Mentor Interview – Sarah Deshita

Selamat datang kembali di edisi kedua dari Mentor Interview! Sekilas mengenai Mentor Interview, kami berkeliling menemui nama-nama yang sudah tidak asing lagi di industri musik Indonesia saat ini. Nama-nama yang kami temui, mempunyai keahliannya …