Kembali Berdansa Bersama Olegun Gobs!

Oct 13, 2021

Olegun Gobs, gerombolan skabies asal Jatinangor yang sudah malang melintang sejak awal kemunculannya di tahun 2012 lalu kembali melepas sebuah materi teranyarnya.

Diberi judul “We Don’t Know What Ska Is”, sejak awal materi dimulai Olegun langsung memberikan sambutan yang seakan menebus kerinduan para penggemarnya dengan penggalan ucapan “It’s been a long time since we’ve been skankin’ around”.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Olegun Gobs (@olegungobs_)

Memang, sudah lewat satu tahun lebih sejak nomor tunggal “Sorak” dan dua tahun dari album Gobs Collection yang dihadirkan di tahun 2019 lalu.

Sejatinya, kali ini Olegun Gobs mempersembahkan materi tersebut sebagai sebuah bentuk keresahan dan tanggapan akan pandangan kurang menyenangkan dari komunitas ska kala Olegun Gobs mentas di sebuah gigs. Diremehkan, mungkin adalah kata yang tepat.

Ada cerita mengapa unit ini kerap mendapatkan pandangan sebelah mata. Eksplorasi bermusik mereka yang dianggap sudah terlalu jauh melewati pakem-pakem dari ska adalah biang utamanya.

Sang vokalis, Yayoi, langsung mencurahkan perasaannya dalam sebuah balutan lirik yang akhirnya menemui format terbaiknya dalam materi sepanjang hampir empat menit ini.

Dengarkan saja lirik “We never know what Ska is, sometimes we just don’t play it right” yang sebenarnya sudah menggambarkan perasaan mereka, juga dengan lapang dada menerima semua pandangan tersebut dan tentu saja dibalas lagi dengan sebuah tanggapan berbentuk karya musik.

“Pertanyaan mendasar atas apa yang dapat dikatakan salah dan benar dalam sebuah karya yang terkotak-kotakkan dalam sebuah genre. Tanpa minat untuk mengacuhkan kotak-kotak tersebut, Olegun Gobs meriliskan single ini yang juga menjadi pembuktian atas kemampuan mereka untuk membawa pakem-pakem tersebut dengan kebaruan yang mereka miliki”, sambutnya melalui rilisan pers.

Video lirik dari “We Don’t Know What Ska Is” juga sudah bisa disaksikan melalui kanal YouTube mereka. Sebuah kolaborasi antara Olegun Gobs dengan Firras Nabilah.

 

Saat ini, Olegun Gobs dihuni oleh sembilan personel. Yakni Aryobimo Pratama Mulyantono (drum), Yahya ‘Yayoi’ Hafidhudin (vocal), Davin Permana Putra (trumpets), Ali Dwijulianto (guitar), Helmi Raihan (guitar, vocal), Faiz M Fitrandika (trombone), Aditya Porsiana (saxophone), Fajar Dwi Anugrah (bass) dan Sufyan Mutahar (percussion). Perjalanan kesembilannya juga turut ditemani oleh label rekaman asal Bandung, Buah Tapa Records.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Dari Belanda Hingga Jerman, Voice of Baceprot Umumkan Jadwal Tur Eropa!

Trio nu-metal beranggotakan Marsya, Widi dan Sitti ini baru saja mengumumkan jadwal tur Eropa Voice of Baceprot yang nantinya akan melewati beberapa negara.

PHI Interview: Bongabonga

PHI Interview kali ini dengan bangga memperkenalkan Bonga Bonga, unit thrash metal yang hari ini mencuri perhatian dengan gayanya yang unik.