Kenang Perjalanan, Bangkutaman Rilis Ulang Dua Materi Lawas

Sep 13, 2022

Menengok kembali perjalanan yang sudah dimulai sejak tahun 1999 silam, Bangkutaman baru saja merilis kembali dua materi di awal-awal kiprah mereka.

Dua materi yang dimaksud adalah album debut mereka, Love Among The Ruins dan mini album ketiga, Garage of The Soul yang kini dihadirkan kembali dalam format digitalnya.

Bicara mengenai sang album debut, kala itu Bangkutaman menghadirkannya dengan formasi awal mereka. Formasinya masih dihuni oleh Wahyu ‘Acum’ Nugroho (bas, vokal, kibor), Irwin Ardy (gitar) dan Deni Prayugo (drum). Tidak lama setelahnya, Deni memutuskan untuk berpisah jalan dengan sang unit.

Love Among The Ruins sendiri dirilis di tahun 2003, berisi 10 nomor termasuk “Kabut” yang kala itu menjadi sempat menjadi hit dan sering diputar di MTV. Cerita dari “Kabut” pun terbilang spesial, karena video musiknya disutradarai oleh Andri ‘Lemes’ Ashari yang saat itu masih menjadi vokalis dari Rumahsakit.

 

Sementara mini album Garage of The Soul dirilis oleh Bangkutaman di tahun 2005 bersama label rekaman Blossom Records, menyusul dua mini album sebelumnya, s/t (2000) dan Fantasi (2002). Ini juga menjadi penanda akan perubahan formasi personel yang kini melibatkan Dedyk Eryanto di posisi drum.

Untuk melengkapi rangkaiannya, salah satu nomor di mini album tersebut, yakni “She Burns the Disco” baru saja dibuatkan video musiknya oleh Allan Soebakir dari Sinema Pinggiran. Sebuah rangkuman arsip berupa potongan-potongan footage yang disatukan menjadi video musik.

“Semoga dirilisnya dua katalog klasik Bangkutaman ini bisa menjadi arsip sekaligus sumber bagi pecinta musik hari ini, terkhusus fans Bangkutaman untuk menggali grup band ini secara lebih dalam”, tutup mereka.

Love Among The Ruins dan Garage of The Soul sudah bisa didengarkan di berbagai layanan streaming. Perilisannya ditandai juga dengan ditayangkan (untuk pertama kalinya, videoklip dari “She Burns The Disco” yang digarap oleh sutradara Allan Soebakir dari Sinema Pinggiran.

 

Sebelum akhirnya memberikan cerita terbaru dengan merilis ulang dua katalog mereka dalam format digitalnya, di bulan Juli hingga Agustus lalu Bangkutaman baru saja menjajal rangkaian tur yang melewati beberapa kota dalam rangka promosi album terbaru, Dinamika.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."

Eksplor konten lain Pophariini

Teddy Adhitya Ciptakan Kapsul Waktu dalam Videoklip Kembalikanku

Teddy Adhitya kembali merilis videoklip baru dari album semua, semua. berjudul “Kembalikanku” via kanal YouTube teddyadhitya hari Jumat (23/02) menyusul perilisan videoklip “Seperti Setiap Hari” dan “Caraku, Caramu”.   Lagu “Kembalikanku” merupakan trek ke-6 …

Jangar Bawakan Ulang Lagu Iwan Fals di Album Mini Terbaru

Jangar merilis album mini terbaru berjudul Malam hari Jumat (23/02) dengan memasukkan dua single “Artileri” dan “Adiksi” yang rilis 2023 lalu ke dalam daftarnya. Album berisi total enam lagu ini juga menghadirkan satu lagu …