176

Ketika Duet di Musik Indonesia Sudah Tidak Cukup

Menurut Wikipedia duet adalah komposisi bagian musik untuk dua orang. Paling sering digunakan untuk komposisi 2 penyanyi atau piano. Sebuah lagu yang dinyanyikan secara duet lazim ditemui dalam musik populer. Di musik Indonesia sendiri mencatat ada beberapa lagu duet seperti milik Afgan & Raisa dengan “Percayalah”, atau “Cinta dan Rahasia”, duet antara Yura dengan Glenn Fredly yang kemarin sangat populer dan yang mungkin terlewat: duet “Bawa Daku” milik Tompi dengan Dian Sastro di album Romansa 2016 lalu.

Namun belakangan ini, sepertinya duet sudah dirasa tidak mumpuni lagi sehingga muncul kebutuhan untuk berkolaborasi secara trio. Baik itu tiga penyanyi, dua penyanyi dengan raper atau dua penyanyi dengan satu komposer. Kolaborasi yang jelas seru. Namun entah bagaimana pembagian detaialnya. Siapa yang bernyanyi duluan, dan siapa nama yang ditaruh duluan dalam kredit pada lagunya. Belum juga membagi honornya. Lalu gimana pula ketika membawakan lagu ini di panggung?

Baca juga:  Geloranada Semakin Bergelora

Ah, tapi kenapa jadi pusing? Lebih baik membahas fenomena lagu-lagu di Indonesia yang belakangan ini semakin banyak dibawakan oleh tiga musisi. Ada yang terlewat? Silahkan tambahkan di kolom komentar.

 

Yovie Widiyanto, Tulus dan Glenn Fredly – Adu Rayu

Ini yang tidak terbayangkan. Ketiga-tiganya adalah superstar. Tidak terbayang suasana kikuk ketika duduk bertiga saat harus memutuskan hal-hal krusial. Siapa nama yang ditaruh pertama, lalu siapa yang mengerjakan apa? Seperti posisi Glenn di sini. Tulus menulis lirik seperti biasa, Yovie membuat musiknya, lalu Glenn? Oh ternyata Glenn membuat vokalnya. Lalu dengan kolaborasi maut dan kelas berat seperti ini bagaimana mengatur bayaran/honornya? Ah kenapa jadi pusing. Nikmati saja lagunya yang syahdu.

 

Afgan, Isyana Sarasvati, Rendy Pandugo – Feels So Right

Baca juga:  Lagu "Manusia Kuat" Tulus Jadi Lagu Resmi Asian Para Games

Hei ada apa ini? singel ini merupakan kali kedua mereka bertiga berkongsi dan merilis lagu yang enak sekali. Tiga penyanyi muda dengan tingkap popularitas berbeda: Afgan, Isyana dan Rendy Pandugo setelah sebelumnya merilis singel akustik yang catchy berjudul “Heaven” akhir tahun kemarin, awal tahun ini Afgan, Isyana dan Rendy kembali merilis lagu bersama. Dan kali ini dengan irama yang lebih goyang, bertempo cepat dan masih berbahasa Inggris yang berjudul “Feels So Right”.

 

Agamaku, Agamamu –  Tompi, Glenn Fredly dan Bertha McCarthy

Bisa dibilang selain kolaborasi tiga penyanyi, ini juga merupakan kolaobarsi lintas agama dari ketiga penyanyi dari agama yang berbeda yang menyuarakan keresahan akan kondisi sosial dan politik di Indonesia. Dirilis pada saat bulan suci Ramadhan 2017 lalu, singel ini menjadi perkenalan perdana ketiga penyanyi ini dalam menyanyikan lagu religi.

Baca juga:  Album Indonesia Terbaik Di Kuartal Pertama 2019

 

Sheryl Sheinafia & Rizky Febian Feat. Chandra Liow – Sweet Talk

Oke ini rada standar sebetulnya, Chandra Liow hanya mengisi rap. Pembagian tugasnya lebih jelas. Mungkin juga honornya, karena usaha untuk nge-rap tidak sesulit bernyanyi. Eits tapi mungkin saya salah? Yang jelas lagu ini enak, dan oh my god, kapan lagi lihat Sheryl nge-dance di videonya?

 

Rock N Roll Mafia, Elephant Kind feat. Ramengvrl – Us Vs 

Seperti yang disebutkan di atas, masih cukup standar menyelipkan rapper di tengah lagu. Meskipun begitu yang berbeda adalah ini bukan sekedar kolaborasi bertiga biasa. Tapi dua band besar di skena independen berkolaborasi ditambah plus kehadiran rapper-wati yang paling gawat di era ini, Ramengvrl. Sangat sayang untuk dilewatkan!

 

____