786

Kisah Syahdu Pertemuan Jason Ranti dan Sapardi Djoko Damono

Jason Ranti dan Pak Sapardi Djoko Damono / dok. wizra.uchra

Belum lama ini, musisi Jason Ranti merilis video klip untuk lagu “Lagunya Begini Nadanya Begitu di saluran Youtube miliknya, Departemen Penerangan. Yang menarik dari video terbaru Jeje ini adalah bahwa video ini menangkap pertemuan syahdu antara Jason Ranti dengan penyair Sapardi Djoko Damono.

Sesuai dengan isi dari lagu tersebut, lagu “Lagunya Begini Nadanya Begitu” memang ditulis Jeje untuk legenda penyair Indonesia, Sapardi Djoko Damono. Sang sutradara, Anggun Priambodo menangkap pertemuan kasual nan intim tersebut lewat kamera seadanya, jujur tanpa ada hiasan dan teknis visual yang menakjubkan. Kepada PHI, Anggun Priambodo mengisahkan pertemuan sekaligus pembuatan video klip tersebut.

“Tanggal 22 Juli gue ketemu Jeje dan Dado (manajernya) waktu kebetulan ada acara kekeluargaan dan pekerjaan bidang seni di kawasan Menteng. Disana mereka bilang tertarik mau kerjasama membuat video musik di album barunya,” ungkap Anggun.

Baca juga:  Grrrl Gang Gelar Tur Album Sampai ke Bangkok

Lewat manajernya, Anggun mendapat CD Sekilas Info. Sang sutradara yang juga aktor di film Marlina: Pembunuh Dalam Empat Babak ini menyimaknya dalam perjalanan Tangerang – Jakarta untuk menjenguk ibunya yang dirawat karena serangan jantung.

Jason Ranti / Foto: dok. Koboy Kampus

“Gue jatuh cinta sama “lagunya begini nadanya begitu”, ungkap Anggun.

Karena setiap hari selama seminggu itu dirinya intens ketemu Jeje, maka Anggun dengan mudah mengutarakan ide untuk membuat video klip untuk lagu tersebut.

“Gue cerita idenya adalah dia main ke rumah pak Sapardi, membayangkannya adalah kalau Jeje temen SMA sampai kuliah dia terus SMS-an atau WA bilang “gue mau main, lo ada di rumah nggak?”, “Yuk kesini aja gw lagi santai.” kata Anggun.

Sempat tertunda karena Pak Sapardi yang dirawat di RS Fatmawati, akhirnya tanggal 29  Juli, video ini tereksekusi dengan baik. Jason Ranti, Dado manajernya, Anggun serta beberapa teman dekat membesuk Pak Sapardi di rumahnya.

Baca juga:  Siap siap, Festival Mesin Waktu Balik Lagi!
Sapardi Djoko Damono / dok. instagram

“Pagi hari gue hubungin Jeje kalau gue mau ikut jenguk. Tapi gue akan bawa kamera aja sekalian utk kalau tiba-tiba momen itu gak akan kembali dan bisa merekamnya. Tgl 29 sore gw janjian sama Dado dan Jeje di resto samping komplek dosen UI Ciputat,” cerita Anggun.

Sekadar informasi, ini adalah pertemuan pertama Jason Ranti dan Pak Sapardi setelah lama sekali tidak bertemu.

“Kalau menurut Jeje dan Pak Sapardi ini sudah setahun mereka tidak bertemu,” ungkap Anggun.

Di video tersebut sesuai dengan ekspetasi Anggun, bahwa pertemuan mereka menjadi sesuatu yang hangat seperti dalam lagunya. Pertemuan seorang teman, sahabat, sodara, anak bapak atau manusia.

Baca juga:  Konser Agterplaas The Adams yang Spektakuler
Jason Ranti, Anggun Priambodo dan team bersama Pak Sapardi Djoko Damono / dok. @wizra.uchra (instagram)

Selama dua jam dihabiskan Jason Ranti dan Anggun bermain di rumah sastrawan yang terkenal dengan puisi-puisinya, salah satunya adalah Hujan bulan Juni, salah satu karya yang telah dilayarlebarkan tahun 2017. Beragam topik bergulir hangat di dalam obrolan tersebut.

“Mulai dari kesehatan, aktifitas ngajarnya, menulis, tentang Rendra, Bumi Manusia, lagunya Jeje, tentang kota Solo, dan masa SMA sampai kuliah di Jogja sampai pindah ke Jakarta,” ujar Anggun.

Momen kehangatan ini sangat berkesan bagi Anggun.

“Gue punya impian juga pingin ketemu Pak Sapardi. Rasanya momen kehangatan itu sudah bisa gue bayangkan akan datang saat kita bertemu beliau. Bertemu di rumahnya, tempat dia tinggal setiap hari sejak 1995, tempat dia bekerja menulis,” kata Anggun.