Kolaborasi Che Cupumanik dan Robi Navicula Dalam “Jiwa Yang Berani”

79
Kolaborasi Che Cupumanik dan Robi Navicula Dalam “Jiwa Yang Berani”
Robi "Navicula" dan Che "Cupumanik" / dok. Robi dan Che

Masih ingat dengan sebuah buku musik bertajuk Rock Memberontak yang rilis di tahun 2015 lalu? Andai tidak, mari kita kilas balik terlebih dahulu ke tahun tersebut.

Di tahun tersebut, buku Rock Memberontak hadir. Membahas semuanya mengenai proses kreatif yang dilakukan oleh Che (Cupumanik) dan Robi (Navicula) dalam menulis lagu rock/grunge, yang juga ditulis oleh Eko Wustuk dan diterbitkan oleh Edraflo Books.

Masih di tahun tersebut dan juga dalam rangkaian hadirnya buku tersebut, Che dan Robi juga memutuskan untuk membuat sebuah lagu kolaborasi untuk soundtrack buku tersebut. Selama proses workshopnya, mereka berdua juga turut dibantu oleh para personel dari Zat Kimia. Kolaborasi ini pun akhirnya menghasilkan sebuah single bertajuk “Jiwa Yang Berani”.

View this post on Instagram

Hari ini 20 Oktober 2020. Tepat 5 tahun lalu buku @rockmemberontak dirilis. Buku yang menguak secara detail proses kreatif @checupumanik dan @robinavicula dalam menulis lagu rock/grunge tersebut ditulis @ekowustuk dan diterbitkan Edraflo Books. Ikut berperan dalam penulisan dan penerbitan buku adalah @gede.manggala (penerbit), @iduridur.23 (desainer), @drawvro (ilustrator), @aditamtomo (fotografer), @wowadit (videografer), dan @dennyandriyana (marketing). . Merayakan 5 tahun kehadiran buku tersebut di dunia musik Indonesia, Che dan Robi merilis lagu yang mereka tulis khusus sebagai soundtrack buku dan diproduseri oleh @wayanjos di Bali, judulnya "Jiwa yang Berani". Video lagu dibuat oleh Topang dan akan ditayangkan melalui youtube, malam ini tepat jam 20:15 wib, di kanal YouTube Che Cupumanik, Robi Navicula, dan Eko Wustuk, malam ini Selasa 20 Oktober 2020. Tetap resah dan teruslah berkarya. . [ Tepat jam 20:15 malam ini, meluncur ke channel youtube CHE CUPUMANIK, atau klik link youtubenya di bio profile saya ] . #rockmemberontak #jiwayangberani #checupumanik #robinavicula

A post shared by Che Cupumanik (@checupumanik) on

Hingga akhirnya, berselang 5 tahun dari hadirnya Rock Memberontak, single kolaborasi antara keduanya dirilis secara resmi pada tanggal 20 Oktober lalu, juga dalam rangka merayakan 5 tahun rilisnya buku tersebut.

Sebelum hadir dengan format digitalnya, “Jiwa Yang Berani” bisa kalian simak terlebih dahulu melalui video liriknya yang bisa disambut melalui kanal YouTube Che, Robi, dan Eko sendiri.

Simak video lengkapnya di bawah ini: 

 

____