3525

Laleilmanino: Trio Dibalik Lagu Hits Indonesia Hari Ini

Sebelum salah persepsi, Laleilmanino adalah trio produser dan pencipta lagu, bukan sebuah grup band. Ketiganya memulai projek ini di tahun 2013 dengan lagu “Surat Izin Mencinta” untuk Bastian Steel. Setelah itu Laleilmanino mulai memproduseri dan menciptakan lagu-lagu untuk Rio Febrian, Angel Pieters, Maudy Ayunda, AMPM, Acha Septriasa, Andira dan lainnya. Dua album penuh sudah diproduseri untuk Vidi Aldiano dengan album Persona dan Hivi! melalui album Kereta Kencan.

Salah satu lagu mereka, “Hanya Engkau yang Bisa” oleh Armand Maulana berhasil meraih AMI Awards serta masuk nominasi Anugrah Planet Muzik Awards. Di awal tahun 2017 ini, Laleilmanino juga berkesempatan untuk turut serta memproduseri dan menciptakan lagu “Generasi Suara” untuk campaign GenFM yang mengajak lebih dari 20 musisi seperti AfganRaisaIsyana SarasvatiArmand MaulanaGamaliel Audrey CantikaMaudy AyundaAnjiYura Yunita, Rian D’MASIV, Rizky FebianRadhini, Young Lex, Rayi RAN, Cakra KhanBarasuaraMikha TambayongSheryl Sheinafia dan JAZ, untuk menyumbangkan suaranya.

Baca juga:  Cerita di Balik Tur Regenerate Endah N Rhesa

Dari menjadi dokter, pilot, dan badut sampai apa yang paling dibutuhkan dunia musik ‘hari ini’, simak obrolan Pop Hari Ini dengan Laleilmanino.

  1. Untuk pembaca kami yang mungkin belum pernah mendengar musik kalian, coba deskripsikan musik Laleilmanino dalam 5 kata?

L (Lale) : Soundtrack yang mewakili fase hidup seseorang.

I (Ilman): Pop, Indonesia , muda , laris, manis

N (Nino) : Musik bagus yang mudah diterima.

  1. Apa arti kata pop bagi musik kalian? 

L: Intinya bisa dikatakan pop setelah diterima oleh banyak orang, jadi ya itu harapan kami untuk karya-karya yang kami ciptakan.

I: Bagi musik kita pop itu tombak utama!

N: Populer, komersil, suara meletup. Tiga hal yang kami harapkan terjadi pada lagu-lagu yang kami ciptakan. Menjadi karya yang bagus & bisa dipertanggung jawabkan, disukai pasar, serta meledak di pasaran.

  1. Apa album musik Indonesia paling pop yang pernah dimiliki dan disukai/mempengaruhi kalian?
Baca juga:  Rangkuman Pemilu 2019 Berdasarkan Judul Lagu Indonesia Teranyar

L: Chrisye – Percik Pesona. Itu adalah album yang lengkap dan bergizi. Harusnya itu masuk hitungan album pop kalau menurut saya, tapi sayang sepertinya pasar tidak sependapat.

I: Dewa album Bintang 5, Pandawa 5, Tohpati Tohpati dan album kompilasi rap lokal, Pesta Rap

N: Album-album Kahitna. Nyokap gua adalah pendengar setia mereka, dan pemegang kendali tape mobil. Jadi sejak kecil kemanapun keluarga kami pergi jalan-jalan pasti musik mereka menemani.

  1. Apakah ada budaya pop yang paling mempengaruhi kalian sampai hari ini?

L: Pentas Seni dan MTV Ampuh.

I: Pop 90an dan 2000an

N: MTV. Kalau dulu ga ada MTV mungkin gua ga pernah kepikiran tentang musik.

  1. Jika kalian membuat soundtrack hidup, lagu apa sajakah yang pasti harus ada di dalamnya?

L: Genesis – “Follow You, Follow Me”

N: Chumbawamba – Tubthumping.

Baca juga:  Catatan Retrospektif Album "Retropolis" Dari Naif

  1. Apakah ada lagu yang kalian harap kalian ciptakan?

L: Salah satunya “Bidadari di Kesunyian” dari Ahmad Band. Cool banget musiknya, liriknya apalagi.

I: Lagu yang abadi di denger kapan saja pas sama jamannya

N: Ada banget, gua sering sebel kalau dengar lagu bagus. “Untukku”nya Chrisye ciptaan mas Yovie Widianto adalah salah satu dari sekian banyak yang nggak muat buat ditulis disini.

 

  1. Apakah inspirasi terbesar kalian?

L: Pengalaman hidup, musik yang secara langsung atau tidak langsung masuk-terekam di otak, lingkungan dan orang-orang di sekitar saya.

I: Inspirasinya para pencipta lagu dan komposer yang lagu dan aransemenya dari dulu sampai sekarang masih bisa dinikmati dan tidak terasa basi atau ketinggalan jaman, menurut gua mereka cukup mengisnpirasi karya-karya kami.

N: Radio. Mendengar radio, gua mendengar lagu mulai dari yang memang gua suka sampai nggak suka. Yang gua tahu sampai nggak tahu. Banyak banget hal yang bisa didapat.