Lama Absen, Murphy Radio Lepas Single Cats

Apr 25, 2023

Sepi rilisan selama hampir dua tahun, akhirnya Murphy Radio kembali lagi dengan materi anyarnya. Dengan judul “Cats”, single ini dirilis oleh sang trio dalam beberapa format, yakni dalam format digital dan juga dengan format video musiknya.

Jika kebanyakan materi dari Murphy Radio hanya melibatkan kelihaian permainan instrumen tanpa adanya kehadiran vokal, maka “Cats” menjadi sebuah anomali. Single ini memuat vokal di dalamnya, sama seperti single terdahulu “Hippo” dan “Sandy”.

“Cats” sendiri membalut cerita seputar fenomena yang kerap terjadi kehidupan sehari-hari, yakni manusia yang mencari perhatian sebagai mahluk sosial.

“Sebagai mahluk sosial, ada kalanya keinginan untuk menjadi pusat dari alam semesta sungguh tak tertahankan. Alhasil, melakukan apa saja demi mendapat perhatian tersebut. Syukur-syukur kalau direspon positif, tapi kalau tidak? Itu yang mengkhawatirkan”, sambut Murphy Radio.

Proses produksi dari single ini memakan waktu yang cukup lama, yakni selama satu tahun. Mereka mulai rekaman di Januari 2022 dan baru menyelesaikan mixing serta mastering di penghujung tahun. Meski begitu, rentang satu tahun tersebut juga dipergunakan oleh Wendra (gitar, vokal), Aldy (bas), dan Aswin Winata (drum) untuk menggarap video musiknya.

Mereka turut melibatkan sahabat-sahabatnya, mulai dari Resa Alif selaku DOP, Kasmal Nielsen dan Maimo selaku VFx editor, hingga Alvin (Gangguan) selaku creative director.

“Di video ini kita pengennya banyak menampilkan hal random dan absurd, sebagai distraksi saja. Enggak ada background spesifik sih”, terang manajer Murphy Radio, Happy.

Saksikan video musik “Cats” dari Murphy Radio di bawah ini.

 

Sudah cukup lama sejak Murphy Radio merilis materi-materinya. Terakhir kali mereka melakukan hal tersebut adalah di tahun 2021, tepatnya ketika merilis maxi-single 2015 yang berisi single “Void” dan “Widow”. Sementara jika ditarik mundur lagi, di tahun 2020 ada single “Autumn” dan “Sandy” yang hadir di katalog mereka.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."

Eksplor konten lain Pophariini

Wawancara Arswandaru ALI: Tur Eropa dan Permintaan Global

“Kami berusaha untuk tidak ‘yang penting main aja di luar negeri’, tanpa mendiskreditkan venue mana pun di luar negeri,” ujar Arswandaru, basis ALI.

Mister Nobody Memperkenalkan Sosok Kapita di Single Baru

Setelah merilis single “Dreams” tahun 2023 lalu, Arfan Chalid Rabrusun atau dikenal dengan nama panggung Mister Nobody resmi menghadirkan videoklip single anyar “Kapita” via kanal YouTube hari Jumat (24/05).     Kapita adalah gelar …