Lies AR Dara Puspita Meninggal Dunia

Sep 18, 2023

Personel band rock legendaris asal Surabaya, Lies Adji Rachman atau dikenal Lies AR Dara Puspita mengembuskan napas terakhir pada usia 75 tahun hari Minggu (17/09) di Mojokerto, Jawa Timur. 

Lies dan kakaknya, Titiek AR merupakan personel awal Dara Puspita. Di awal perjalanan band ini, ia bermain bas dan sempat meninggalkan band karena menyelesaikan sekolah. Sampai akhirnya masuk kembali, Lies menjadi gitaris dan vokalis menggantikan Ani Kusuma.

Dalam sesi wawancara bersama Medcom di program Shindu’s Scoop, Lies dan Titiek bercerita, Ayah mereka menentang keputusan pindah dari Surabaya ke Jakarta saat memulai karier band ini. Berkat dukungan dari sang Ibu yang menjual barang-barang pribadi untuk kebutuhan alat musik dan tiket. Akhirnya, mereka tiba di Jakarta. 

 

Selama Dara Puspita berjalan 10 tahun (1964 – 1974), band berhasil memberikan kontribusi signifikan untuk musik Indonesia dengan menjadi grup musik wanita yang melakukan tur Eropa di pertengahan tahun 1968. Di tahun 2021, Dara Puspita juga tercatat dalam rekor MURI sebagai band perempuan pertama di Indonesia.

Terhitung setelah 50 tahun, akhirnya Dara Puspita balik ke panggung dalam perhelatan Synchronize Festival 2022. Tak hanya berempat, mereka melakukan reuni dengan mengajak musisi-musisi era kini seperti FLEUR!, NonaRia, MMS (Mar Mela Sari), The Dare, Bonita, dan Endah Widiastuti.

Sejarah tercatat rapi. Musik Indonesia kehilangan. Selamat jalan, Lies AR. Karyamu bersama Dara Puspita dikenang selamanya.

Berikut musisi-musisi yang turut berbela sungkawa atas kepergian Lies AR:

 

View this post on Instagram

 

A post shared by TANYA (@tanya_ditaputri)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by The Dare (@__thedare__)

Foto oleh Wildan Naufal.


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Dongker – Ceriwis Necis

Kalian tidak harus sependapat dengan saya, “Bertaruh Pada Api” adalah lagu punk rock yang menyayat hati. Dinyanyikan bersama kebanggaan dan keharuan seekor pecundang urban yang mengais harapan di antara luka kehancuran zaman. Lagu itu …

Daftar Festival Musik 2024

Sejak menggelar diskusi seputar festival musik di pertengahan Maret 2024 lalu, kami sudah mendatangi dua keramaian. Pertama, Hammersonic Festival dan yang kedua Java Jazz Festival. Dapat dipastikan tahun ini panggung musik padatnya tak berkurang …