Liputan – Malamnya Para Roadie

Dec 23, 2017

Teknisi panggung sebuah band atau Roadie adalah bagian yang tak terpisahkan dari band. Keberhasilan sebuah band beraksi di atas panggung secara langsung adalah bagian kerja keras dan kerjasama tim roadie di belakangnya, dari soundman dan para teknisi alat musik masing-masing musisi.

Lelahnya mereka bekerja di belakang panggung menyiapkan semua kebutuhan pentas band membuat mereka jarang sekali bisa punya waktu untuk unjuk gigi dalam bermain alat musik. Padahal ada juga fakta bahwa roadie band juga dulunya (atau masih) personil band lain.

Dan bakat inilah yang akhirnya difasilitasi oleh Demajors bekerjasama dengan Harper Studio dan Joglo Beer dalam program Propaganda Gig, sebuah panggung regular yang digelar setiap bulannya.

Mungkin baru inilah satu-satunya gig yang kesemua pengisi acaranya adalah roadie dari band-band papan atas Indonesia. Sebut saja ada Baragenk (roadie Barasuara),Soncek & D’Essentials (roadie Maliq & D’Essentials), Serigala Jalanan (Seringai), Begundal Naif (Naif) serta SORI (Sore).

Acara berjalan meriah, beberapa personil band juga datang mendukung roadie mereka beraksi, sungguh seru sekali. Bahkan personil Seringai, Arian, Ricky, Sammy dan Khemod khusus datang lengkap sebagai ‘roadie’ dari band roadie mereka, Serigala Jalanan, yang membawakan lagu-lagu Ramones, Sex Pistols, Iwan Fals dan sebuah nomor Seringai yang dibuat versi punk. Didaulat sebagai vokalis dari Serigala Jalanan adalah Wendi Putranto, manajer Seringai yang dikenal sebagai jurnalis majalah musik di Indonesia.

Tidak cuma Serigala, band roadie Maliq & D’Essentials, Soncek D’Essentials juga tampil membawakan nomor punk rock dari Rancid dan Rage Against The Machine.

Mudah-mudahan ‘malam khusus roadie’ ini bisa berlanjut tiap bulannya.  

Foto: Pohan

 

____

Penulis
David Silvianus
Mahasiswa tehnik nuklir; fans berat Big Star, Sayur Oyong dan Liem Swie King. Bercita-cita menulis buku tentang budi daya suplir

Eksplor konten lain Pophariini

Rekomendasi: Dinamika – Bangkutaman

Menariknya di album Dinamika ini dengan masih mengusung musik retro folk rock, Acum dkk. terlihat tidak kehabisan bahan bakar dan justru terdengar fresh.

Jambi: Di Bawah Radar Musik Arus Utama, dan Independen

Sepertinya bukan rahasia umum bahwa Jambi tidak pernah masuk di radar skena musik, terlebih musik independen.