Lirik Lagu Matimuda Jenny adalah Doa Hidup Panjang dan Bermanfaat

May 25, 2024

Farid Stevy FSTVLST adalah salah satu nama yang langsung terpikir saat membahas penulis lirik berbahasa Indonesia terbaik. Paling tidak buat saya sebagai penulis artikel ini.

Menyambut lusa yaitu Senin hari yang tak kalah sibuk, Pophariini memilih lagu “Matimuda” dari Jenny untuk mengisi halaman lirik kali ini. Jenny adalah band Farid yang tahun lalu kembali manggung di Cherrypop.

Kami menghubungi Farid untuk menanyakan beberapa hal tentang proses pengerjaan lagu “Matimuda”. Dalam sesi wawancara via WhatsApp (24/05), musisi yang juga seorang seniman visual ini mengaku trek pembuka album Manifesto tersebut adalah lagu perdana yang liriknya ia tulis menggunakan bahasa Indonesia.

 

“‘Matimuda’, satu di antara 10 track di album Manifesto. Antara satu track dengan yang lain kami tulis dalam rentang waktu yang cukup panjang, 2004 sampai 2009. ‘Matimuda’ kami tulis di tahun 2006. Lagu kelima Jenny, tapi jadi yang pertama yang menggunakan lirik bahasa Indonesia,” kata Farid.

Proses meramu frasa, rima, lalu menjadi suara untuk lagu “Matimuda” diakui Farid sebagai proses yang tidak mudah saat itu. Di lain sisi, ia merasa tertantang menjalani tahap penulisan liriknya.

“Tantangan menulis ini, membuat lagu ini, rasanya jauh dari tendensi menyemat makna atau melesapkan konsep kepenulisan. Mentah total,” ucapnya.

Saat ditanya mengenai apa pesan yang ia coba sampaikan lewat lagu “Matimuda”, sang musisi membebaskan pendengar untuk menafsirkan maknanya. Namun, Farid mengatakan ia pernah mendengar respons dari pendengar yang mengaitkan makna sang lagu dengan bun** di**.

“Yang bisa saya pastikan, sejak awal menulis lagu ini, saya dan Mas Roby (Setiawan, gitaris Jenny dan FSTVLST) tidak ada tendensi dan dorongan untuk membicarakan tentang hal itu di lagu ini. Justru, semoga lagu ini jadi doa untuk hidup panjang dan bermanfaat,” tegasnya.

Seperti yang diucapkan sang punggawa Jenny dan FSTVLST, mari dengarkan lagu “Matimuda” untuk doa hidup panjang dan bermanfaat sambil melihat contekan lirik di bawah ini.

 

Berbaris-baris dan bersiaplah
Bersiap-siap siapkan jawaban
Sambutlah sambut sebuah istilah
Universal untuk akhiran
Nyala takkan terlalu lama
Padam akan datang lebih segera

Jika harus jadi maka jadilah
Jika harus mati maka matilah

Semoga matimu matimuda
Semoga matiku matimuda
Hidup tak perlu terlalu lama
Jika dosa yang berkuasa

Jika harus mati maka matilah
Jika harus kini maka sekaranglah

 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Dongker – Ceriwis Necis

Kalian tidak harus sependapat dengan saya, “Bertaruh Pada Api” adalah lagu punk rock yang menyayat hati. Dinyanyikan bersama kebanggaan dan keharuan seekor pecundang urban yang mengais harapan di antara luka kehancuran zaman. Lagu itu …

D’MASIV – 8

Dalam album 8, D’Masiv kembali ke warna yang sudah dikenal sebelumnya dan kali ini dengan pengaruh soft-rock dan pop-balada 80/90an yang jitu