Lompatan Besar Reality Club di Album Baru

• Aug 30, 2019

Reality Club, band alternatif asal Jakarta baru saja merilis album keduanya yang berjudul What Do You Really Know? pada 30 Agustus 2019. Album ini menunjukkan sisi lain dari Reality Club yang sebelumnya bernuansa cheerful menjadi lebih dark.

Rilisan album ini didahului oleh tiga single yang memiliki warna berbeda: “Telenovia”, “SSR”, dan “Alexandra yang masing-masing menggambarkan tiga fase berbeda pada album tersebut.

“Prologue” dari album What Do You Really Know? dimulai ketika “Epilogue” dari album pertama Reality Club, Never Get Better usai. What Do You Really Know? menunjukkan proses pendewasaan dari Reality Club, dengan nada-nada minor dan lagu-lagu dengan nuansa rock yang tajam. Album ini sepertinya menjadi lompatan besar dari sound ikonik Reality Club di album sebelumnya. Terdengar dari riff dan distorsi gitar yang berat, solo gitar yang agresif, vokal yang lebih berkarakter dan vibe yang lebih dewasa.

“SSR” yang merupakan track kedua terdengar lebih gelap dari Reality Club biasanya, track seperti “The Rush” dan “Vita o Morte” juga membahas topik dan permasalahan dewasa. Setelah itu, datang sedikit pencerahan dari “Telenovia” yang memberikan nuansa lebih tenang, namun masih menandakan kesedihan seperti lagu-lagu setelahnya yaitu “Alexandra” dan “A Sorrowful Reunion”. Album ini diakhiri dengan lagu “2112”, lagu yang menggambarkan kenangan akan rasa senang, sedih, dan penerimaan menjadi satu.

Reality Club

Reality Club / dok. Reality Club.

What Do You Really Know? adalah album mengenai warna-warni pendewasaan, pengalaman-pengalaman yang mengantar kita ke posisi kita saat ini, dan juga sisi gelap dan terang kehidupan. Tidak hanya rasa kehilangan, amarah, dan frustasi namun juga rasa nyaman, ikhlas, dan menjadi bijaksana.

Dalam rangka promosi album What Do You Really Know?, Reality Club sedang menjalankan album tour di 11 titik di mulai dari Malaysia dan Singapura dan dilanjutkan ke Indonesia.

_______

Penulis
Elma Nabiila
Mahasiswa hukum yang suka musik dan hobi jalan-jalan.

Eksplor konten lain Pophariini

PHI Tips: Menjadi Manajer Musik

Tips menjadi manajer musik ini disusun lewat kompilasi obrolan dengan beberapa pelaku. Biarkan ini jadi pernyataan sepihak, namun sudah seharusnya semua setuju : Sosok penting di dalam sebuah band adalah manajer dari band tersebut. …

Derby Days, Kompilasi Indie Rock Indonesia Terkini

Satu lagi album kompilasi yang semestinya tidak kalian lewatkan dalam waktu dekat ini. Hari Minggu (13/06) lalu, baru saja diumumkan bahwa Anoa Records dan Leeds Records berkolaborasi dengan menghadirkan sebuah album kompilasi bertajuk Derby …