Marsha Timothy Mengalahkan Nicole Kidman di Ajang Sitges International Fantastic Film Fesitival

Aktris asal Indonesia, Marsha Timothy baru saja memenangkan penghargaan sebagai aktris terbaik di ajang Sitges International Fantastic Film Festival lewat film yang berjudul Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak.  

Dalam festival yang digelar di Spanyol tanggal 5-15 Oktober lalu, dirinya terpilih diantara banyak aktris unggulan lainnya, antara lain Masami Nagasawa, Monika Balsai dan aktris Hollywood, Nicole Kidman.

Selain mendapatkan penghargaan sebagai aktris terbaik. Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak besutan Mouly Surya ini juga berhasil memboyong penghargaan Special Mention untuk Focus Asia menggeser 34 film lainnya, diantaranya: The Killing of a Sacred Deer (Yorgos Lanthimos), Blade of the Immortal (Takashi Mike), dan Before We Vanish (Kiyoshi Kurosawa).

Sitges, atau dikenal sebagai International Fantastic Film Festival of Catalonia, adalah festival internasional yang fokus pada film-film beraliran fantasi dan horor. Festival ini digelar setiap tahun sejak 1968. Dulunya festival ini hanya pekan pemutaran film, namun Setelah jalan tiga tahun, festival membuat program penghargaan sejak 1971 untuk film dan para pemain serta kru.

Mengambil lokasi di Sumba, Nusa Tenggara Timur, Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak bercerita tentang janda asal Sumba bernama Marlina (Marsha Timothy) yang memenggal kepala seorang perampok, Markus (Egi Fedly) karena menyatroni rumahnya. Marlina kemudian membawa kepala si perampok dalam sebuah perjalanan ke kantor polisi.

Selain Sitges ini, film ini sudah banyak memboyong penghargaan. Beberapa diantaranya adalah lolos seleksi Festival Film Cannes, Melbourne Intenational Film Festival dan New Zaeland International Film Festival, dan Toronto International Film Festival. Penghargaan lain yaitu sebagai skenario terbaik di Festival International du Film de Femmas de Sale di Maroko. Selain itu, lolos di Vancouver International Film Festival dan Busan International Film Festival.

Sebelum tayang di bioskop di Indonesia pada 16 November 2017, film Marlina masih akan berkeliling di festival dan bioskop sejumlah negara.

 

____

LEAVE A REPLY