671

Mendinginkan Suasana Pemilu Dengan Lagu Santai Indonesia

Meskipun suasana sudah cukup riuh menuju pemilu 2019 yang sudah sebulan lagi di bulan April tanggal 17, namun ada baiknya kita meregangkan otot dan otak sedikit, rileks dan santai. Jangan terlalu pusing dengan grup WA keluarga/sekolah, ataupun debat kusir di time line medsos kita. Karena sejak 70an, 80an, 90an, hingga 2000an musik Indoensia selalu punya lagu bertema santai yang menarik.

Tapi perlu diingat jangan sampai riuhnya pemilu ini justru membuat kita tidak semangat, atau bahkan malas dan tidak menggunakan hak suara kita. Karena suara kita tutut menentukan. Maka itu sambil menenangkan diri mari kita dengan lagu-lagu tentang bersantai berbagai dekade di Indonesia. Dari Rhoma Irama, Nasida Ria, Sania hingga rapper papua, Sandy. Ini di 5 lagu bertema santai di musik Indonesia pilihan Pop Hari Ini. Ada yang terlewat? silahkan tambahkan di kolom komentar.

Baca juga:  Album Mengubah Hidup: Leonardo Ringo

 

Rhoma Irama – Santai 

Virtuoso jazz legendaris Indonesia Indra Lesmana di akhir 70an menyematkan julukan sebagai dangdut fusion ketika ia pertama kali mendengar lagu ini. Dangdut berbalut funk, lengkap dengan suara gitar wah-wah dari tahun 1970an, lirik lagu ini tetap relevan hingga kini. “Santai” dari album Volume 7 milik OM Soneta Pimpinan Rhoma Irama.

 

Nasida Ria – Asyik Santai

Dari album Perdamaian (1982) milik grup qasidahan modern asal Semarang Nasida Ria pimpinan Mudrikah Zain, ini dia “Asyik Santai”. Dangdutan islami dengan balutan musik goyang yang disusupi bebunyian synth dan kibor murahan tempo dulu yang terdengar busuk tapi super cool.

 

Sania – Santai
Dari ratu RnB 90an di musik Indonesia. Ini lagu tentang bersantai paling groovy pada masanya. Dari video klipnya, musiknya, lirik dan relevansinya pada masa itu, ditambah sensasinya penyanyinya si Sania alias Siti Tuti Susilawati Sutisna ini bikin semuanya jadi klop. “Santai saja masih banyak waktu tersisa, jangan dulu pakai hati, pakai rasa”

Baca juga:  Gonta-Ganti Sosok Terdepan Di Band

 

Nona Ria – Santai
“Kopi dulu, Pak, santai saja, pisang goreng, Pak, gula jawa / Matahari telah berjanji
Dia akan datang esok hari / Tersenyumlah santai saja”. Dengan alunan musik jazz swing/rag time tempo dulu era 20an silahkan duduk duduk santai dan ngopi dan makan pisang goreng.

 

Steven N Coconut Tree – Lagu Santai
Lagu reggae yang identik dengan perjuangan, pergerakan dan soal perasaan bila di Indonesia lebih identik dengan pantai dan leyeh-leyeh, bahkan kadang identik dengan kenakalan. Silahkan ke pantai daerah wisata kalau tidak percaya. Masih belum percaya? Silahkan dengarkan yang satu ini dari album Good Atmosphere di 2018 milik Steven n Coconut Treez.

Baca juga:  16 Pertanyaan : Dea Dalila

 

Ray D Sky – Let’s Santai For A While
Dengan nuansa Bob Marley bertemu Jack Johnson, lagu dari album ke dua Dreamin’ Dreams (2012) ini milik penyanyi almarhum Aray Daulay dengan nama Ray D’Sky. Dengan musik bercampur antara folk akustik dengan musik Jamaika mari kita bersantai sejenak.

 

Sun-‘D – Santai
Rapper dari Papua yang baru merilis singel perdananya awal tahun ini di 2019. Tahun ini banyak rapper yang ramah di telinga amatiran saya yang susah banget nerima hip hop ini. Pengecualian buat yang satu ini.

 

____