72

Menikmati Hindia dalam Empat Babak

Hindia di konser launching album Menari Dengan Bayangan, Rabu (4/12) / Pohan.

Hindia sukses menggelar ‘Perayaan Bayangan’ hari Rabu, 4 Desember 2019 di Studio Palem, Jakarta. Bagaimana tidak sukses, tepat sehari sebelum album Menari Dengan Bayangan resmi dirilis tiket masuknya sudah ludes terjual.

Hindia bersama rombongan naik ke panggung pukul 9 kurang, saat petir lagi asyik-asyiknya bersahutan di udara, setelah setelah sebelumnya dibuka Aldrian Risjad.

Aldrian Risjad, membuka acara / Pohan

Konser malam itu dibagi menjadi empat babak. Empat babak yang dimaksud Mati Sendiri-sendiri, Bertahan Hidup, Jangkar, dan Kelahiran Kedua. Penamaan mewakili apa yang ingin disampaikan Hindia, mungkin yang tengah merasakan bisa masuk ke dunia yang sama.

setlist konser Hindia / Pohan.

Tak hanya disuguhkan musik, penonton disuguhkan dengan hal-hal lain. Di jeda babaknya, muncul suara perempuan bernama Denisa Dhaniswara yang bercerita tentang pengalaman depresi.

Baca juga:  Adrian Yunan Tampil di Paris
Hindia dengan visualnya / Pohan.

Perayaan Bayangan terasa hambar tanpa Rara Sekar yang seharusnya hadir di nomor “Membasuh”. Malah Saleh Husein ‘The Adams’, Kunto Aji, dan Iga Massardi ‘Barasuara’ yang bukan kolaborator hadir di hadapan penonton.

Hindia featuring Saleh Husein / Pohan.

Durasi perayaan Hindia dibuat lama dengan babak-babak. Bagi yang hanya ingin datang untuk mendengarkan lagu-lagu dari album Menari dengan Bayangan saja, konser ini mungkin terasa membosankan.

Hindia dan Nadin Amizah / Pohan.

Sesaat sebelum konser dimulai, digelar sesi talkshow ‘Di Balik Visual Menari dengan Bayangan’ bersama salah satu pendiri Sun Eater, Mikael Aldo yang juga bertanggung jawab untuk mengelola visual semua artis Sun Eater.

Iga dan Kunto Aji / foto: Pohan

Menurut Aldo, Baskara Putra orangnya visual banget. Ia mengatakan, “Entah itu di panggung, entah itu di album, entah itu di single artwork. Itu persis dengan sama apa yang mau dia sampein di lagunya”.

Baca juga:  Mosi Tidak Percaya Musisi Soal RUU Permusikan
Hindia dan Kamga / Pohan

Di sela perbincangan, Aldo sempat berbagi cerita di balik single artwork “Dehidrasi” dan “Jam Makan Siang” yang sama-sama ditangkap menggunakan kamera handphone.

Diskusi soal sampul album Hindia oleh Mikael Aldo / Pohan

Cover art single “Dehidrasi” adalah foto gelas yang diambil di kamar kost Aldo. Lalu, cover art single “Jam Makan Siang” foto piring yang diambil saat ia berada di kantin kampus.

Akhir dari Konser Hindia / Pohan

Konser malam itu berjalan sukses, meski berhias hujan deras di sekitar venue, dan beberapa orang nampak kerepotan berlari diguyur air dari langit, Hindia dan rekan-rekannya berhasil membuat konser malam itu berjalan dengan khidmat.

____