56

Menyambut Hari Musik: Acara dan Kompilasi Tolak RUU Permusikan

Bertepatan dengan momentum Hari Musik Nasional, 9 Maret, gerakan para penggiat musik dan musisi menolak Rancangan Undang Undang Permusikan (RUUP) masih terus bergulir. Kemarin pada hari Sabtu (9/3) siaran pers album kompilasi SUARA BERSAMA dirilis bertepatan di hari lahir pencipta lagu Indonesia Raya, WR Supratman yang diperingati dengan hari musik Nasional.

Album kompilasi BERSAMA BERSUARA VOL.1 adalah album kompilasi yang diorganisir secara organik dan partisipatoris dengan melibatkan simpul jaringan komunitas musik semerata nusantara bersama 100 partisipan grup/solo/duo dari ujung Barat hingga Timur Indonesia juga lintas negara dan akan dilepas dalam waktu dekat.

Kompilasi ini bertujuan menjadikan musik sebagai senjata untuk memperluas kesadaran tentang urgensi pembatalan RUU Permusikan. Proyek album kompilasi BERSAMA BERSUARA ini akan terus berkelanjutan dan berseri dalam multi volume. Berjalan seiring, seirama dalam mengawal pembatalan RUU Permusikan sampai dicabut dari Prolegnas di DPR RI.

View this post on Instagram

Bertepatan dengan momentum Hari Musik Nasional, 9 Maret, kami mengabarkan album kompilasi BERSAMA BERSUARA VOL.1 akan dilepas dalam waktu dekat. Album kompilasi BERSAMA BERSUARA VOL.1 diorganisir secara organik dan partisipatoris dengan melibatkan simpul jaringan komunitas musik semerata nusantara bersama 100 partisipan grup/solo/duo dari ujung Barat hingga Timur Indonesia juga lintas negara. Proyek album kompilasi BERSAMA BERSUARA akan terus berkelanjutan dan berseri dalam multi volume. Berjalan seiring, seirama dalam mengawal pembatalan RUU Permusikan sampai dicabut dari Prolegnas di DPR RI. Bekerjasama dan bersama bersuara menjadikan musik sebagai senjata untuk memperluas kesadaran tentang urgensi pembatalan RUU Permusikan. A luta continua! Kontak informasi BERSAMA BERSUARA: bersamabersuaraproject@gmail.com Musik latar: BOTTLESMOKER “Suara Kami” Lagu baru dari duo musik elektronik asal Bandung yang mengumpulkan dan meramu rekaman suara opini (vox pop) menyatakan penolakan terhadap RUU Permusikan. #HariMusikNasional #BersamaBatalkanRUUPermusikan #TolakRUUPermusikan #BersamaBersuara #Indonesia

A post shared by Tolak RUU Permusikan (@koalisinasionaltolakruup) on

Sementara itu kemarin juga Galeri Foto Jurnalistik Antara bekerja sama dengan Koalisi Seni Indonesia, Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan dan Masyarakat Musik Merdeka menggelar Diskusi Publik Diskusi “Del Aje, Kawal Pembatalan RUU Permusikan” yang dihadiri oleh Bivitri Susanti, Pakar Hukum Tata Negara; Wendi Putranto, Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan; Viky Sianipar, Musisi; Kartika Jahja, Musisi dan Hafez Gumay, Koalisi Seni Indonesia. Serta dengan penampilan beberapa di antaranya Adrian Adioetomo, Nonaria, Gugun Blues Shelter, Jason Ranto, The Brandals.

Diskusi di Galeri Foto Jurnalistik Antara. Foto: istimewa

Saat ini paska konfrensi meja Potlot RUU Permusikan masih dalam proses pencabutan dari daftar prioritas Prolegnas di DPR RI. Maka itu berbagai kegiatan tetap digalakan oleh para aktifis musik untuk mengawal proses pencabutan RUUP ini.

 

____

Baca juga:  Sundancer, Rock Garasi Lombok Siap Obrak-Abrik Jakarta