Mondo Gascaro Aransemen Ulang Lagu “Apatis”

Mar 19, 2019

Mondo Gascaro mengaransemen sekaligus merilis ulang karya musik pop Indonesia berjudul “Apatis”. Lagu yang sempat populer di era 70-an ini menjadi bagian dari soundtrack film Kucumbu Tubuh Indahku yang disutradarai oleh Garin Nugroho.

Belum lama berlalu, sekitar awal bulan Maret ini, videoklip “Apatis” tayang di kanal Youtube Mondo Gascaro. Video ini menampilkan Mondo Gascaro menyusuri daerah tempat film tersebut diceritakan. Ditampilkan juga di video tersebut adegan-adegan dalam film yang memperlihatkan sosok Juno, karakter utama film ini. Bagaimana dalam klip ini dalam digambarkan Juno berpapasan dengan Mondo Gascaro dalam perjalanan hidupnya, sangat menarik untuk disimak.

Sebelumnya, musisi yang pernah mengisi soundtrack film-film seperti Berbagi Suami (2006), Quickie Express (2007), Pintu Terlarang (2008), Labuan Hati (2017) dan Aruna dan LIdahnya (2018) ini telah mengadakan acara screening videoklip “Apatis” dan juga bedah album soundtrack Kucumbu Tubuh Indahku (Memories Of My Body) pada Rabu (6/030 lalu di Kios Ojo Keos. Acara malam itu menghadirkan Mondo Gascaro sendiri, selaku Music Director, Ifa Isfansyah selaku Producer, dan juga Panji Prasetyo selaku Executive Producer.

Press screening videoklip Apatis Mondo Gascaro / dok. Ivy League

Sekadar informasi, OST. Kucumbu Tubuh Indahku merupakan album soundtrack perdana dari sekian banyak film yang sudah dilahirkan Garin Nugroho. Berisikan beberapa track excerpt musik ilustrasi juga remake lagu – lagu Indonesia lama diantaranya “Hanya Semalam” dan “Rindu Lukisan” karya Ismail Marzuki.

“Apatis” sendiri adalah lagu ciptaan Inggrid Widjanarko yang dipopulerkan Benny Soebardja. Lagu hit ini masuk dalam album kompilasi Lomba Cipta Lagu Remaja pada 1978 yang dirilis oleh Prambors. Pada tahun 2007, album LCLR 1978 masuk ke peringkat #3 di dalam daftar “150 Album Indonesia Terbaik” yang diterbitkan dalam majalah Rolling Stone Indonesia bulan Desember 2007. Adapun pemilihan lagu “Apatis” ini sendiri dipilih Mondo setelah melalui rangkaian proses brainstorm.

“Konsep musik dari soundtracknya sendiri memang menampilkan lagu-lagu sebagai penanda zaman. Waktu kita brainstorm untuk pilih lagu-lagu apa aja yang mau diremake, saya suggest Apatis, itu salah satu lagu favorit saya LCLR. Ternyata itu juga lagu kesukaan mas Garin, dan liriknya cocok mewakili film-nya,” ungkap Mondo.

Bagi yang masih penasaran, mari kita simak bersama videoklip “Apatis” yang dipopulerkan kembali oleh Mondo Gascaro.

Lagu “Apatis” serta Album OST Kucumbu Tubuh Indahku juga sudah bisa diakses via layanan streaming music sejak Desember lalu.

Penulis
David Silvianus
Mahasiswa tehnik nuklir; fans berat Big Star, Sayur Oyong dan Liem Swie King. Bercita-cita menulis buku tentang budi daya suplir

Eksplor konten lain Pophariini

D’MASIV – 8

Dalam album 8, D’Masiv kembali ke warna yang sudah dikenal sebelumnya dan kali ini dengan pengaruh soft-rock dan pop-balada 80/90an yang jitu

VALE! Bicara tentang Single Hahaha Confused dan Keinginan Manggung

Markus Kale atau dikenal dengan nama panggung VALE! asal Jakarta Utara mengawali tahun 2024 dengan single “U”. Kini ia memutuskan kembali lewat perilisan single baru “Hahaha Confused” hari Jumat (07/06).   Kami menghubungi Markus …