389

Album yang Mengubah Hidup: Mondo Gascaro

Mondo Gascaro / dok. istimewa.

Sebuah keresahan dalam pengandaian tersampaikan dengan rapih oleh Mondo Gascaro di lagu “Dan Bila…”. Lagu ini bisa membuat seseorang menjadi gugup sekali mendengarkan atau berani memutarnya sekali lagi.

Entah karena permainan synthesizer yang ‘menganggu’ (bukan diartikan buruk), atau suara khas Mondo yang memang berhasil menggugah perasaan. Itu semua hanya pendapat saya tentang salah satu lagunya.

Kira-kira apa yang terbesit di kepalanya bertahun-tahun yang lalu? Mengapa ia mampu meracuni telinga-telinga saya dan banyak orang dengan bunyi-bunyian magis? Mungkin saja karena pengaruh musik-musik yang ia dengarkan, album-album yang ia koleksi dan yang berhasil mempengaruhi dan mengubah hidupnya seperti sekarang ini.

Simak komentar Mondo Gascaro soal satu album yang mempengaruhi hidupnya berikut ini.

Baca juga:  Album yang Mengubah Hidup: Bam Mastro (Elephant Kind)

The Beatles – Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band

Album Beatles / dok. istimewa.

Sebenarnya, gue denger album ini pertama kali satu album kelas 4 atau 5 SD. Gue dengar lagu-lagu The Beatles tapi benar-benarin dengerin mulai di album itu. Nggak sengaja juga yang beli album kaset itu adik gue. Dia beli karena sampulnya nya keren. Gue putar-putar, itu doang yang gue dengerin untuk waktu yang lama. Jadi, otak gue rusak gara-gara album itu.”

“Susah album itu udah satu kesatuan. Nggak bisa milih. Maksudnya dari album itu akhirnya gue benar-benar dengerin The Beatles. Pada akhirnya gue benar-benar dengerin musik. Gue merasa, ‘oh gue ini di musik’. Hidup gue di musik.”

Baca juga:  Album yang Mengubah Hidup: Rekti Yoewono ‘The SIGIT’ 

“Salah satu pengaruh The Beatles buat gue kebebasan berkarya. Dari Beatles zaman awal sampai terakhir mau bikin mau musik kayak apa kek terserah dia. Di album itu juga tereprentasi kayak di album itu ada musik rock, chamber, india, retro, showtune. Buat gue, album itu sangat berpengaruh.”