Morad Merilis Single “How” dan Siapkan Album Perdana Tahun Ini

Feb 12, 2021

Penyanyi dan penulis lagu asal Jakarta, Morad, kembali dengan single terbaru berjudul “How” yang resmi dirilis mulai hari Jumat (12/02) ini. Lagu ini, bercerita tentang seseorang yang menjalani sebuah hubungan yang tidak sehat atau bisa dibilang lagu mengisahkan sesuatu yang tidak bisa lepas dari diri.

 

“How”, digarap bersama para musisi lainnya, antara lain Nabil Favian (bass), Otta Tarrega (keyboard), Damez Nababan (saksofon), Eggy Pratama (trompet), Felix “Bulix” Tri Kurnia (gitar), Rey Marshall, (gitar), dan Viki Vikranta (drum) yang juga bertindak sebagai produser dan mixing engineer album ini.

Morad mengawali karier solonya lewat single “Blink of an Eye” (2019) yang dirilis secara independen. Setahun kemudian, ia masuk daftar kompilasi Adiksi Adaptasi menyumbangkan nomor “If Tomorrow I’m Losing You”, album keluaran Berita Angkasa Records, labelnya yang sekarang 

Dalam jumpa pers virtual (10/2), Morad bercerita kalau ia pernah tergabung dalam sebuah band. Namun, tidak berjalan dengan semestinya. “Mungkin karena ego masing-masing personel,” kata Morad.

Ia juga sempat bekerja di salah satu agency di Jakarta. Kemudian pindah ke Berita Angkasa, tempat bekerja sekaligus label ia bernaung untuk fokus menjadi penyanyi solo.  

Materi lagu “How” sudah ada sejak lama namun mengalami pergantian lirik. Rekaman lagu berlangsung pada Desember 2020. Proses penggarapan dilakukan di studio Viky di Jeruk Purut. 

“Awal pertama kenal Morad dari Rizma (Kelompok Penerbang Roket/Berita Angkasa). ‘Nih ada vokalis OK deh Vik buat loe bantu produced‘. Akhirnya, ngobrol ketemu. Ada sisi yang lain yang mungkin gue bisa cocok bikin musiknya,” kata Viky kenang pertemuan mereka.

Viky pertama kali bekerja sama dengan Morad dalam penggarapan “If Tomorrow I’m Losing You”. Tidak ada perbedaan yang serius dari single sebelumnya. 

“Yang lagu pertama udah di studio gue juga sih. Paling bedanya sih secara teknisnya. ‘If Tomorrow I’m Losing You’ kan sederhana, ‘How’ lebih meriah. Gue mikirnya kayak big band motown-motown gitu. Penuh. Sama si Morad nyanyinya udah lebih enteng. Udah nggak terlalu mikir karena sepanjang penggarapan kita sering nongkrong bareng.”

Kamga yang memang sedang berada di proyek yang sama dengan Morad merasa senang bisa dipercaya untuk menjadi pengarah vokal di single “How”. Proyek yang dimaksud Kamga berisi Morad, Chevrina, Pamungkas, Denisa, Bilal Indrajaya, Oslo Ibrahim, dan Rizkia Larasati (RL KLAV).

Ia mengungkapkan perannya di single ini, “Sebenarnya vocal director tuh nggak ngapa-ngapain sebenarnya. Tugas gue cuma ngeyakinin yang nyanyi suara dia bagus.” Kamga merasa penyanyi saat rekaman hanya butuh dukungan karena bernyanyi di kamar mandi berbeda dengan ruang rekaman. 

Morad menargetkan perilisan album penuh tahun 2021 ini. Itu pula yang diharapkan Berita Angkasa.

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Makassar Bukan Lagi Hanya Sekadar Daerah

Tulisan kempat Bising Kota kali ini ditulis langsung oleh Brandon Hilton dari Makassar

AMI Awards 2021 Umumkan Para Nominasinya

AMI Awards, ajang penghargaan musik tertinggi di Indonesia ini akhirnya mengumumkan deretan nominasi yang dihadirkan di tahun 2021 ini.