Nasida Ria Kembali Pukau Penonton di Jerman!

Jun 22, 2022

Ada satu lagi kabar bahagia yang dibawa oleh musisi Indonesia di pentas mancanegara. Hari Sabtu (18/06) lalu, unit kasidah Nasida Ria baru saja menjajal sebuah panggung di Kassel, Jerman, tepatnya dalam rangka gelaran Documenta Fifteen.

Documenta Fifteen sendiri sejatinya adalah sebuah pameran seni rupa kontemporer yang bergengsi di Eropa. Pameran tersebut digelar tiap lima tahun sekali, yang mana perjalanannya sudah dimulai sejak tahun 1955. Sementara rangkaiannya berjalan selama seratus hari, yang di tahun ini digelar sejak tanggal 18 Juni hingga 25 September 2022.

Cerita mengenai hadirnya Nasida Ria di Documenta Fifteen bermula dari keterlibatan ruangrupa sebagai direktur artistik dari pameran tersebut, yang akhirnya turut membawa Nasida Ria di dalam rombongannya. Tak hanya Nasida Ria, karena mereka turut memboyong dua musisi lainnya, Oomleo Berkaraoke, Dangerdope alias DJ Rencong, Uwalmassa, Gabber Modus Operandi dan Lair.

Saat tampil sebagai pembuka, Nasida Ria membawakan beberapa nomor hit mereka seperti “Perdamaian”, “Bila Bom Nuklir Diledakkan”, “Kota Santri” hingga “Dunia Dalam Berita”.

Melihat berbagai rekaman video yang viral saat mereka mentas, banyak penonton yang terpukau atas penampilan mereka. Bahkan, beberapa di antaranya juga terlihat bergoyang mengiringi musik yang Nasida Ria bawakan.

Ini menjadi kisah lainnya dari perjalanan Nasida Ria di panggung mancanegara.

Sejak dekade 80 hingga 90-an, mereka kerap kali pergi ke luar negeri untuk tampil di berbagai ajang internasional. Bahkan, Nasida Ria juga sudah pernah ke Jerman di tahun 1994 untuk acara Die Garten des Islam dan tahun 1996 pada Heimatklange Festival.

Sementara yang pasti masih teringat di benak, Nasida Ria sudah dua kali tampil di gelaran Synchronize Festival, tepatnya di tahun 2018 dan 2019.

Bicara rilisan, di tahun 2020 Nasida Ria merilis album ke-36 yang berjudul Kebaikan Tanpa Sekat yang mereka rilis bertepatan dengan usia perjalanan ke 45 tahun. Menjadi lebih spesial, karena kehadirannya juga disertai dengan sebuah boxset spesial berisikan berbagai memorabilia.

Setelah menjajal panggung di Documenta Fifteen, di tanggal 24 Juni mendatang Nasida Ria juga akan tampil di Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jerman, tepatnya di kota Mainz.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."

Eksplor konten lain Pophariini

Daftar Penyanyi Latar Musisi Indonesia

Sebuah lagu yang terdengar harmonis tak lepas dari sumbangsih warna vokal yang dihasilkan oleh penyanyi latar. Peran mereka kadang tak kasatmata atau mungkin dianggap lalu. Kenyataannya, penyanyi latar tidak bisa dianggap remeh. Jika menilik …

5 Alasan MALIQ & D’Essentials Enggak Bubar

Menyambut perilisan album baru MALIQ & D’Essentials, Can Machines Fall In Love? tanggal 30 Mei 2024, kami menemui mereka di sela-sela waktu latihan hari Selasa (21/05) di studio Mad Haus.   View this post …