Natasya Elvira – Lucky to Be Young (EP)

Dec 15, 2023

Entah apa yang salah dengan musik saat ini hingga penyanyi muda (22 tahun) Natasya Elvira memutuskan untuk merilis album mini So Lucky To Be Young berkonsep jazz standard tempo dulu yang populer di era 50an. 

Dalam EP berisi empat lagu jazz tradisional ini tiga lagu ditulis sendiri, lainnya adalah sebuah cover dari lagu jazz standard klasik, “Bye Bye Blackbird”. Lagu yang mungkin terdengar asing namun cukup populer di kalangan penikmat jazz. Mengingat Natasya Elvira sendiri memang sudah lama wara-wiri bernyanyi di dunia jazz. Baik itu bermain di cafe, pernikahan ataupun panggung besar. Di TikTok pun ia kerap muncul FYP via akun band reguler-nya @societeitt yang kerap membawakan cover lagu-lagu jazz.

Tidak heran bila EP Natasya Elvira yang berjudul, Lucky To Be Young ini hadir dalam balutan musik jazz tradisional dengan instrumentasi jazz standard pada umumnya seperti: piano, double bass, drums dan gitar. Tentunya dengan aransemen, bagan lagu dan fill-in instrumen atau vokal yang dimainkan juga mengikuti aturan jazz standard sebagaimana mestinya. 

Mayoritas lagu di EP ini berirama upbeat dan mengundang badan goyang. Membuat album mini jazz ini terdengar cukup ringan dan menyenangkan untuk didengarkan sambil bekerja ataupun dalam perjalanan. Sulitnya buat yang tidak terbiasa mendengarkan jazz semua lagu di EP ini bisa terdengar serupa. Meskipun begitu diakali dengan pemilihan tema yang menarik. 

Pembuka “So Lucky To Be Young” bercerita soal kebebasan masa remaja. Terdengar bijaksana tapi tetap fun. Unsur fun ini juga terasa dalam lagu bertema genit, “Tempting”. Lalu ada yang sepintas terdengar seperti terlalu percaya diri sekaligus jenaka dalam “A Gifted Mind”. Dalam “Bye-Bye Blackbird” Natasya membuktikan kelihaiannya mengolah range vokalnya yang lebar.

Bicara ranah jazz standard, tentu akan sulit menemukan kebaruan. Begitu pula dengan EP So Lucky To Be Young ini. Tapi selalu menyenangkan mendengarkan musisi yang menggali akar musiknya dengan baik seperti di EP ini. Terlebih bila bicara kualitas vokal Natasya Elvira yang prima menyanyikan lagu jazz yang dikenal tidak mudah. Hasil jam terbang bernyanyi di sana-sini.

Sulit untuk mengingat sosok solois perempuan penyanyi jazz dalam kancah musik Indonesia saat ini. Namun dengan album mini So Lucky To Be Young yang masuk nominasi kategori Artis Jazz Terbaik dalam AMI Awards 2023 kemarin Natasya Elvira berpotensi untuk menjadi sosok itu.


 

Penulis
Anto Arief
Suka membaca tentang musik dan subkultur anak muda. Pernah bermain gitar untuk Tulus nyaris sewindu, pernah juga bernyanyi/bermain gitar untuk 70sOC.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Nagita Slavina Mengawali Rencana Album dengan Single Bersyukurlah

Jeda hampir 2 tahun dari perilisan single terakhirnya “Untukmu Rafathar Rayyanza”,  Nagita Slavina kembali lagi membawa yang terbaru dalam single bertajuk “Bersyukurlah” hari Sabtu (17/02).   Lagu “Bersyukurlah” yang rilis bertepatan dengan ulang tahun …

Band Bentukan Dul Jaelani, Qodir Rilis Video Musik Aku Butuh Dia

Dul Jaelani bersama ketiga rekannya, Muhammad Xaviar (gitar), Deriel Sudiro (gitar), dan Axel CB (drum) membawa bendera Qodir resmi merilis video musik single terbaru “Aku Butuh Dia” via kanal YouTube Official Qodir hari Jumat …