Penerimaan Diri Oscar Lolang di EP Jalan Sendiri

Nov 29, 2022

Cukup lama tidak terdengar kabarnya, akhirnya Oscar Lolang kembali dengan sebuah cerita terbaru. Tidak setengah-setengah, karena sang solois langsung mempersembahkan sebuah EP terbaru yang ia beri judul Jalan Sendiri.

Sebanyak tujuh nomor ia nyanyikan di EP tersebut, tujuh nomor yang kembali mengingatkan karakter sejati seorang Oscar Lolang, yakni seorang solois folk dengan gitar sebagai teman akrabnya, karakter vokal yang khas serta rentetan materi yang terasa intim di kehidupan sehari-hari.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BUNG OSCAR (@oscarlolang)

Tema utamanya sendiri adalah tentang penerimaan, bagaimana Oscar juga berharap bahwa momen ini bisa menjadi sebuah cerita ‘penghabisan’ dari perjalanannya terdahulu untuk menyongsong cerita lainnya di masa depan.

Jalan Sendiri adalah tentang acceptance atau penerimaan, seperti kondisi di mana kamu merasa sudah siap ‘pergi’ untuk melangkah maju. Namun ketika sedang bersiap-siap, membereskan lemari baju yang sudah berdebu, hal-hal yang tidak sengaja ditemukan malah meminta untuk diingat, dibereskan, dirapikan, agar menjadi doa untuk perjalanan kita kelak. Kurang lebih analogi itulah yang menjadi latar belakang lahirnya EP ini; lagu-lagu baru maupun lamaku yang harus kutuntaskan sebelum berjalan lebih jauh”, terang Oscar.

Ada tiga nomor yang ia dapuk menjadi focus tracknya, yakni “The Only Blue I Love The Best”, “Memesan Luka” dan “Jalan Sendiri”. Turut hadir satu nomor yang sudah pernah ia rilis terlebih dahulu, “Ode Untuk Mami-Mami” di EP ini.

Untuk nomor pertama yang disebut, Oscar tengah mempersiapkan format video musiknya yang dijadwalkan rilis pada bulan Desember mendatang.

Mengintip ke balik layar, proses penggarapannya turut melibatkan beberapa nama sahabatnya seperti Alan Davison, Estu Hning hingga Syahresya Makryatarta yang masing-masing mempunyai perannya sendiri di Jalan Sendiri.

Dengarkan Jalan Sendiri, EP terbaru Oscar Lolang di berbagai platform.

 

Setelah kehadiran album Drowning in a Shallow Water di tahun 2017 silam, Oscar Lolang melewati tahun-tahun setelahnya dengan beberapa nomor tunggal yang ia lepas secara perlahan. Sebut saja dengan nomor “Bila” (2019), “Melodies” (2020), “Drive to School” (2020) hingga “Dewasa” (2021).


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."

Eksplor konten lain Pophariini

5 Musisi Indonesia Favorit Bambang Pamungkas

Pophariini berkesempatan untuk melakukan peliputan Prambanan Jazz tanggal 5-7 Juli lalu di Candi Prambanan, Jawa Tengah. Salah satu yang menarik perhatian kami saat itu melihat legenda penyerang Timnas Indonesia Bambang Pamungkas (Bepe) bersama keluarganya …

5 Pertunjukan yang Wajib Ditonton di We The Fest 2024

We The Fest akan berlangsung beberapa jam lagi. Festival garapan Ismaya Live ini menghadirkan sejumlah musisi lokal maupun internasional selama tanggal 19-21 Juli 2024 di GBK – Sports Complex, Jakarta Pusat.    View this …