Penumbra, Album Debut Suarloca

Sep 3, 2021

Sepak terjang Suarloca, unit rock asal Bandung ini belum berhenti sampai di situ saja. Setelah melalui setengah tahun 2021 dengan tiga nomor tunggal, perjalanan kembali dilanjutkan dengan Penumbra, sebuah album debut perdana mereka.

Sebelum bicara mengenai Penumbra, mari tarik mundur untuk mengingat kembali perjalanan mereka. Suarloca memulai tahun ini dengan nomor “Umbra” di bulan April, disusul oleh “The Sixth Day” dan “Surut” di bulan Juni dan Juli. Kabarnya, ketiga nomor tersebut didapuk menjadi sebuah trilogi pembuka untuk Penumbra, yang akhirnya resmi mereka lepas di hari Jumat (27/08) lalu.

 

Untuk nomor terakhir yang disebut, membawa cerita monumental tersendirinya. Bagaimana “Surut” merupakan sebuah nomor yang diciptakan oleh Suarloca di awal perjalanannya hingga sampai ke bentuk terbaiknya saat ini.

Sekarang, mari masuk ke sajian utamanya. Penumbra dihadirkan dalam sembilan nomor, termasuk tiga yang sudah lebih dahulu diperdengarkan.

Butuh waktu hampir satu tahun bagi Suarloca untuk menggarap album ini, dimulai sejak gelombang pertama pandemi di awal tahun 2020 lalu yang mana peran teknologi dalam mengatasi ketidakmungkinan bertemu secara tatap muka memegang peranan penting dalam penggarapannya.

“Kami tersadar, bahwa proses pembuatan karya masih dapat dilakukan meskipun banyak keterbatasan dalam hal tatap muka dan latihan di studio”, sambut Fahman Fauzi, 1/5 dari unit ini.

Kesembilan nomor tersebut membawa ceritanya masing-masing, mulai dari isu-isu sosial hingga angan-angan keadaan ketika nantinya pandemi telah usai. Tidak hanya itu, keresahan Suarloca akan ekosistem musik di kota asal mereka, Bandung, juga dituangkan oleh mereka dalam album ini.

Suarloca juga memutuskan untuk menggunakan dua bahasa untuk lirik-lirik yang hadir. Harapannya, nuansa nomor-nomor dengan pesan-pesan tersebut bisa sampai kepada pendengar.

Untuk semakin melengkapi euforianya, Suarloca mempersembahkan sebuah box-set untuk sebuah pengalaman musikal Penumbra yang lebih lengkap. Kunjungi akun Instagram mereka untuk info selengkapnya.

Penumbra, album debut perdana dari Suarloca sudah tersedia di berbagai platform.

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Pembuktian Sheila on 7 di Kisah Klasik Untuk Masa Depan

Dalam berbagai aspek, album kedua Sheila on 7, Kisah Klasik untuk Masa Depan dapat dianggap sebagai arketipe album kedua yang baik

6 Produser Musik Indonesia Pilihan Oslo Ibrahim

Sambil menanti lagu-lagu terbaru dari seorang Oslo Ibrahim, mari simak siapa saja produser-produser musik pilihannya berikut ini.