PHI Tips: Bikin Band Lebih Solid

Aug 16, 2023

Bikin band lebih solid bukan pekerjaan yang mudah. Kita tahu beberapa waktu lalu ada banyak berita seputar keluar masuk personel band. Sebagai fans musik, rasanya berat sih melihat band yang mungkin sudah solid, ternyata kendor juga.

Kejadian di atas gak cuma sekali, ada band yang sampai bubar gara-gara rendahnya tingkat kekompakan yang sudah mencapai level akut. Dari semua alasan yang menyebabkan keluarnya personel sampai bubarnya band, benang merahnya adalah kekompakan.

Pophariini, lewat berbagai riset, wawancara, dll akan berbagi tips soal bagaimana menjaga kekompakan atau soliditas band. Simak baik-baik.

 

Rahasia solidnya band bukan dengan sering manggung, tapi latihan yang sering. Di latihan itu lah sebuah band bisa ketemu tatap muka, ngobrol, bertukar ide, rencana, dsb. Malah, yang terpenting dari latihan itu justru bukan pas di studionya, tapi justru nongkrongnya. Jadi gapapa juga kalo band lo latihan 3 jam, tapi nongkrongnya 2 jam sendiri.

 

Ini buat band yang sering manggung dan ketemuannya kalo pas di 30 menit sebelum bandnya main. Trus kalo abis kelar manggung langsung cuss pulang. Kalo masih gini-gini aja, mending bubarin band lo. Manggung di gigs, festival, apapun justru adalah waktu yang pas buat melakukan hal-hal yang penting. Dari mingle dengan band lain atau fans, kenalan sama orang-orang penting yang nontonin band lo. Jadi pesen kami adalah sediakan waktu lebih saat kalian manggung.

 

Ini nih penyakit yang bikin band gak solid. Udah tahu tur itu adalah aktivitas penting untuk merekatkan hubungan antar personel, eh malah pagi sendiri-sendiri (ya kecuali kalau misalnya ada hal mendesak yang perlu berangkat sendiri, tapi itu kan gak lantas semua personel berangkat sendiri-sendiri. Usahakan kompak berangkat semua, agar chemistry lebih terbangun

 

Jangan merasa band kalian adalah band yang paling solid dan keren. Sekali-sekali dengerin suara jujur dari warga, terlebih fans yang terkadang punya kejujuran tingkat dewa. Kritik-kritik membangun perlu buat makanan band lo agar lebih solid baik secara personel maupun musiknya.

 

Buat band yang jarang manggung, bukan berarti lo gak bisa nongkrong. Lo bisa nongkrong sambil nonton gigs. Di samping lo punya waktu untuk ngobrol-ngobrol sesama personel sambil nontonin band demi menyimak apa yang ngetrend di musik, lo juga bisa bersosialiasi dengan banyak orang yang hadir di situ. Ini juga jadi image yang baik buat orang-orang kalo band lo solid, kemana-mana selalu bareng bahkan di saat gak manggung.

ilustrasi: Agung Abdul Basith 

Penulis
David Silvianus
Mahasiswa tehnik nuklir; fans berat Big Star, Sayur Oyong dan Liem Swie King. Bercita-cita menulis buku tentang budi daya suplir
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

5 Musisi Indonesia Favorit Bambang Pamungkas

Pophariini berkesempatan untuk melakukan peliputan Prambanan Jazz tanggal 5-7 Juli lalu di Candi Prambanan, Jawa Tengah. Salah satu yang menarik perhatian kami saat itu melihat legenda penyerang Timnas Indonesia Bambang Pamungkas (Bepe) bersama keluarganya …

5 Pertunjukan yang Wajib Ditonton di We The Fest 2024

We The Fest akan berlangsung beberapa jam lagi. Festival garapan Ismaya Live ini menghadirkan sejumlah musisi lokal maupun internasional selama tanggal 19-21 Juli 2024 di GBK – Sports Complex, Jakarta Pusat.    View this …