PHI TIPS: Kalo Bisa Bersih, Kenapa Ganti Baru Sih?

Dec 1, 2021

Tips Membersihkan Sepatu Dari Bekas Tanah Ngonser

Konser musik sering mengambil tempat di luar ruangan (outdoor). Paling enak, karena tentu sirkulasi udara lebih lancar, dan kita tidak akan kepanasan, dengan catatan sore menuju malam. Tapi yang menyebalkan dari tempat terbuka adalah bila cuaca tidak mendukung dan hujan. Terlebih bila kita berada di area lapangan tanah. Tanah kering saja bisa mengotori sepatu kita, kalau tanahnya basah tentu lebih menyebalkan lagi. 

Tapi tidak perlu khawatir karena sepatu kotor akibat tanah bekas ngonser mudah dibersihkan. Tentunya beberapa hal harus diperhatikan ketika membersihkannya agar tidak merusak sepatu secara jangka panjang. Dibanding berat hati melepas sepatu andalan, ini dia sedikit tips untuk membersihkan sepatu dari bekas ngonser biar anti nyampah. Silakan disimak!


Kenali Medan Tempur

Sebelum lala-lili membersihkan sepatu baiknya perhatikan hal ini dulu. Sebelum kamu menghancurkan sepatu ultra-kewren kamu yang mahal itu dengan memakainnya ke lokasi konser di alam terbuka. Jadi, konser di outdoor, sepatu nyaman, murah -tapi tetap keren- harus jadi solusinya.

 

Cicil Bersihkan Sambil Pulang

Tentu bukannya sambil jalan menyikat sepatu, tapi sambil berjalan kaki meninggalkan venue. Karena tanah yang masih basah lebih mudah dibersihkan, maka bisa cari kubangan air bekas hujan sambil mencairkan tanah basah itu di sol sepatu. Atau sudut2 trotoar, bebatuan yang bisa dipakai untuk mencongkel sisa tanah di sol sepatu. Dilakukan sambil berdiri saja, tidak usah melepaskan sepatu. Ini juga akan membuat mobil yang dinaiki tidak turut kotor.

 

Tunggu Kering

Tanah akan lebih mudah lepas ketika sudah kering. Kita bisa mengetuk-ketuk sol sepatunya agar tanah keringnya rontok. Tentunya di luar rumah, atau di tempat yang tidak ingin kita kotori. Ketuk-ketuk terus sehingga tidak tersisa tanah tebal yang menempel.

 

Gunakan Sikat dan Sabun

Setelah itu bisa gunakan sikat halus dan kasar untuk membersihkan lebih lanjut. Gunakan sikat kasar untuk membersihkan bagian bawah sol sepatu dari noda tanah yang membandel. Gunakan sabun yang lembut (untuk tangan). Berhati-hati ketika mencuci bagian atas sepatu, terlebih bila ada bagian bergambar/logo sepatu. Gunakan sikat halus seperti sikat gigi bekas secara hati-hati.

 

Keringkan Secara Alami

Tidak dianjurkan menjemur sepatu langsung di bawah sinar matahari karena bisa merusak warna dan lem sol sepatu. Sebaliknya bisa ditaruh di tempat terbuka dengan sinar matahari tidak langsung dengan posisi berdiri terbalik, agar sisa airnya menetes. Bisa juga masukan koran bekas agar lebih cepat kering.

Dibanding berat hati melepas sepatu andalan ke tempat sampah, akan lebih baik kalau langkah-langkah di atas lo coba perjuangkan demi sepatu tercinta dan tentunya biar lo anti nyampah. Selamat bersih-bersih!

 

Ilustrasi oleh Surya Fikri (@kuyasunda).


 

Penulis
editorial
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
Ibow
Ibow
1 month ago

Nice info 👌

Eksplor konten lain Pophariini

Rekomendasi: Dinamika – Bangkutaman

Menariknya di album Dinamika ini dengan masih mengusung musik retro folk rock, Acum dkk. terlihat tidak kehabisan bahan bakar dan justru terdengar fresh.

Jambi: Di Bawah Radar Musik Arus Utama, dan Independen

Sepertinya bukan rahasia umum bahwa Jambi tidak pernah masuk di radar skena musik, terlebih musik independen.