PHI Tips: Membuka Peluang Selain Bermusik di Tahun 2023

Dec 21, 2022

Menjelang tutup tahun, setiap orang pasti selalu membuat catatan kecil tentang apa yang telah mereka lakukan di tahun ini sambil tak lupa membubuhkan beberapa resolusi untuk tahun depan. Seorang musisi atau seseorang yang berkecimpung di industri musik yang besar ini, mereka pasti punya rencana-rencana yang mungkin akan diwujudkan di tahun depan sebagai target jangka pendek. Ini berguna agar kamu nggak stuck dan jalan di tempat. Menyesali tahun ini namun tak tahu apa yang hendak kamu lakukan di tahun depan.

Tapi sayangnya, PHI Tips kali ini bukan buat musisi atau band. Tips kali ini justru buat kalian yang punya ide untuk membuka peluang dan mengembangkan sesuatu yang beririsan dengan industri musik.

Penasaran kan? Simak Tips di bawah ini.

Buat kamu yang setahun ini sudah jadi fans berat satu band, ngintilin band itu kemana-mana, sudah saatnya kamu memberanikan diri buat menjadi manajer mereka. Jika tahun lalu, lagu-lagu mereka sudah menjadi bagian dari perjalanan hidupmu, saatnya kamu menjadi bagian dari perjalanan karier mereka.

 

Ini buat kamu yang suka jalan-jalan dan anaknya travel banget suka ngulik hidden gem dari sebuah daerah. Fakta kalo musisi kalau lagi tur atau main di satu kota pasti akan bosan selain dari manggung, makan dan balik ke hotel adalah peluang buat kamu untuk membuka jasa tour guide biar anak-anak band bisa punya cerita dan IG story yang bagus ketika berkunjung di satu kota.

 

 

Ini buat kalian yang punya rumah kosong yang tak ditempati karena dijual tak kunjung laku, di satu sisi kalian melihat ada banyak band yang tur dan singgah ke kota kalian, mengapa tidak menyewakan rumah untuk tempat singgah? Band bisa punya penginapan layak, kalian bisa bisa berperan buat skena sekaligus meraup keuntungan.

 

Buat kalian yang punya mobil nganggur di rumah atau yang punya niatan mau bisnis rental mobil, maka industri musik punya peluang untuk bisnismu. Mereka yang kerap tur dan sulit mencari rental mobil bisa menggunakan jasamu untuk mengantarkan anak-anak band itu ke venue lokasi.

 

Fakta bahwa makanan backstage isinya itu-itu aja, itu benar adanya. Kebosanan yang dialami para musisi dan kru menjadi peluang buat kalian yang tertarik untuk membuka bisnis kuliner khusus menu backstage menurut kami adalah inovasi yang menarik.

______

Penulis
Wahyu Acum Nugroho
Wahyu “Acum” Nugroho Musisi; redaktur pelaksana di Pophariini, penulis buku #Gilavinyl. Menempuh studi bidang Ornitologi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, menjadi kontributor beberapa media seperti Maximum RocknRoll, Matabaca, dan sempat menjabat redaktur pelaksana di Trax Magazine. Waktu luang dihabiskannya bersama bangkutaman, band yang 'mengutuknya' sampai membuat beberapa album.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

5 Single Religi Indonesia dengan Streaming Spotify Tertinggi

Single-single religi mulai bertebaran di toko-toko musik digital dan menjadi populer lewat media sosial. Mana single religi yang punya streaming terbanyak?

Sekali Lagi, Cerita Selanjutnya dari Soulvibe

Formasi Soulvibe sendiri kini dihuni oleh Bayu Adiputra Imran (vokal), Ramadhan Handyanto Jiwatama (bas), dan Mohammad Caesar Rizal (drum).