PHI Tips: Mengenal Selera Musik Pribadi

Feb 22, 2023

Selera musik setiap orang bisa berubah, mengikuti perjalanan hidup yang terlewati. Dulu enggak suka dengar musik rock, sekarang jadi menyimak banyak materi dari musisi-musisi rock, misalnya. 

Berbicara selera musik, sebuah penelitian menunjukkan, bahwa kepribadian seseorang juga bisa dilihat dari selera musiknya. Hal ini membuktikan, musik sudah menjadi bagian dari kehidupan. 

Musisi kebanyakan membuat lagu berdasarkan pengalaman pribadi atau orang sekitar mereka. Di mana pendengar akhirnya merasa terkoneksi dengan cerita mereka karena pernah melewati hal yang sama. 

Lalu, bagaimana sih cara mengenal selera musik pribadi? Simak catatannya lewat PHI Tips di bawah ini:


Terbentuk dari masa lalu

Apa yang kita dengarkan saat remaja, ternyata cukup memengaruhi apa musik yang kita sukai saat ini. Meski sudah mendengarkan berbagai macam musik selama hidup ini, pasti ada satu genre yang membuat kamu sulit menolak untuk mendengarkannya.

 

Dapat referensi baru di layanan streaming musik

Saat ini layanan streaming musik memberikan pilihan lagu yang lain dari lagu yang baru saja kita putar. Ini bisa menambah referensi, baik dari genre musik yang sama, maupun artis yang berkaitan dengan lagu. Bahkan, mungkin kita belum pernah kenal sebelumnya.

 

Cari tau dari playlist

Banyak playlist di layanan streaming musik yang menampilkan lagu baru maupun lagu lama. Tak selalu mendapatkan petunjuk dari referensi tadi, kamu bisa mencari tau sendiri dari playlist yang beredar.

 

Menerima informasi dari teman

Teman yang memiliki referensi musik yang sama dengan kita, biasanya akan memberitahu soal lagu yang ia temukan. Teman yang memiliki selera musik yang berbeda juga bisa memengaruhi kita untuk beralih mendengarkan apa yang mereka suka.

 

Datang ke acara musik

Pengalaman mendengarkan secara langsung terbukti bisa memengaruhi selera musikmu. Tadinya, kamu tidak bisa merasakan maksud dari lagunya atau membayangkan aksi band. Gara-gara sudah menonton langsung, kamu jadi menyukai lagu tersebut.


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.

Eksplor konten lain Pophariini

Siniar Pop – Delpi Suhariyanto

Setelah membuka musim ke-2 dengan perbincangan bersama Ardhito Pramono, kini Siniar Pop kembali hadir dengan bintang tamu Delpi Suhariyanto dari Dongker. Masih dipandu oleh Denboi, Siniar Pop bersama Delpi tidak banyak membahas perihal musik …

Loutspell Mengaku Lebih Eksploratif di Album Kedua Watch The Fear

Berjarak 4 tahun dari perilisan album perdana Burning Last, band hardcore punk asal Bandung bernama Loutspell resmi meluncurkan yang terbaru berjudul Watch The Fear dalam format kaset pita tanggal 7 Juni 2024 dan menyusul …