PHI Tips: Supaya bisa Manggung di Festival Musik

Sep 22, 2022

Saat menjalani karier bermusik, band atau musisi terutama mereka yang sudah memiliki satu buah mini album pasti memiliki keinginan untuk bisa mendapatkan kesempatan manggung di festival musik.

Keinginan tersebut merupakan suatu hal yang lumrah dimiliki oleh mereka, salah satunya demi mempertunjukkan langsung bagaimana hasil karya musik yang sudah rilis ketika dimainkan di atas panggung.

Berikut adalah tips yang kami rangkum dari pendapat Kiki Ucup selaku Program Director Boss Creator penyelenggara dari Pestapora dan Sarah Deshita selaku Brand Consultant Ismaya Live penyelenggara dari We The Fest:


Identitas dan karakteristik yang kuat

Musisi harus memiliki identitas dan karakteristik yang kuat sebagai diferensiasi. Ini yang menjadi daya tarik mengapa festival mau mengundang dan bisa membawa mereka untuk bisa punya spotlight tersendiri. 

 

Show yang proper

Bentuk show harus dipikirkan karena manggung di festival musik berbeda dengan panggung biasa. Banyak hal yang harus dipersiapkan termasuk tim produksi dan bagaimana agar penonton tidak lari ke panggung lain sebelum show selesai. 

 

Become outstanding

Semua festival musik memiliki karakter dan keunikannya masing-masing. Bagaimana caranya musisi bisa bermain di semua jenis festival, tapi tetap relevan, yaitu menyiapkan konsep yang sesuai sama kolamnya. 

 

Good at networking

Ada banyak cara atau celah bagi musisi untuk bisa berada di radar para penyelenggara. Misalnya, mengikuti audisi yang dibuka festival, berkenalan dengan pihak penyelenggara, dan jangan malu untuk menyampaikan ide.

 

Dobrak dari sisi komunitas

Kalau merasa belum terdengar juga musik kamu di kuping para penyelenggara festival musik. Bikin kolam sendiri, artinya buat acara musik sendiri, berani untuk membuktikan kalau kamu memang layak. Dobrak pasar bersama.

 

Rezeki yang baik

Poin terakhir ini, disetujui oleh Ucup maupun Sarah, bahwa rezeki yang baik itu membuat musisi bisa tampil di mana saja. 


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

“ISKAASHI”, Harmonisasi Semiotika dan Iga Massardi

Mengingat kembali kiprah Semiotika dan Iga Massardi, di tahun 2021 silam mereka merilis sebuah rilisan penuh yang tanggal perilisannya cukup berdekatan.

Marizka Juwita Rilis Single Baru tentang Perpisahan

Setelah bercerita tentang orang yang gampang jatuh cinta di single sebelumnya, kali ini Marizka Juwita mengeluarkan lagu soal perpisahan dengan seseorang.