Puluhan Band Merilis Rekamannya di Record Store Day 2019

319
RSD 2019 siap digelar / foto: Achmad Soni Adiffa

Ajang Record Store Day 2019 kembali digelar. Di tahun ini, event tahunan ini mengambil tempat di Ballroom P7 Kuningan City Jakarta pada tanggal 12 – 13 April nanti. Ratusan lapak toko musik ikut serta dalam kemeriahan ini, tak terkecuali para band yang memanfaatkan ajang ini untuk merilis rekaman musik mereka secara eksklusif di dua hari tersebut.

RSD 2019 segera digelar 12-13 April 2019 di Kuningan City

Di instagram resmi Record Store Day Indonesia, baru ada enam nama band yang merilis rekaman fisik mereka bertepatan, mereka adalah unit pop Later Just Fine yang akan merilis rekaman mereka, Sebelah Mata dalam format kaset, trio instrumental post metal Primata, unit thrash/punk yang merilis album studio live mereka.

Ada crossover Painkiller yang akan merilis rekaman mereka dalam format CD bertajuk Seek The Truth, noise rockers Feeze dengan EP nya bertajuk Wedgehog’s Dilemma, pop alternatif Avanada dan rekaman bertajuk Fall dan veteran indierock asal Jakarta, Zeke And The Popo, nama yang terakhir ini adalah nama sudah ditunggu-tunggu oleh fansnya. Band yang digawangi Zeke Khaseli, Iman Fattah, Leonardo Ringo, Amir dan Yuditia Noor ini dikabarkan akan merilis rekaman mereka dalam format cakram padat.

Selain 6 nama yang sudah muncul, ada puluhan nama band/musisi lainnya yang sudah mempersiapkan rilisannya eksklusif hanya di Record Store Day tahun ini, mereka adalah Kelompok Penerbang Roket, Komunal, The Panturas, Zigi Zaga, Ramengvrl, Morfem, Pijar High Therapy sampai The Rang Rangs.

Suasana fans mengantri pembelian rilisan fisik di RSD 2018 / foto: Achmad Soni Adiffa

Dan seperti yang sudah-sudah, rilisan khusus edisi Record Store Day ini memang dirillis dalam jumlah yang terbatas, dari hanya puluhan kopi sampai ratusan. So, bagi kalian pecinta rilisan fisik yang ingin menunggu rilisan fisik ini. Jangan lupa datang lebih awal dan mengantri paling depan agar tidak kehabisan.

Suasana di RSD 2018 di Kuningan City / foto: Achmad Soni Adiffa

Hari Toko Rekaman atau Record Store Day sudah berlangsung di Indonesia sejak tahun 2012, sampai saat ini sudah 7 kali ajang serupa digelar dan tahun ini Record Store Day Indonesia memasuki tahun kedelapannya. Selain dimeriahkan oleh rilisan fisik dari musisi juga ratusan tennant yang menjual rilisan fisik, Record Store Day juga dimeriahkan dengan workshop dan diskusi seputar rilisan fisik serta penampilan band dan musisi yang merilis rekaman eksklusifnya di Record Store Day tersebut.

Penampilan The Adams di RSD 2018 / foto: Achmad Soni Adiffa

Dan tak hanya di Jakarta, Record Store Day Indonesia pun juga digelar di puluhan kota yang ada di setiap propinsi di Indonesia. Ini bukti bahwa penikmat musik di daerah juga menyambut baik hadirnya Record Store Day ini. Sebuah bukti bahwa ajang seperti ini memang layak ditunggu dan dirayakan bersama.