130

Pusakata Bercerita tentang Jalan Pulang

Pusakata / dok. Pusakata.

Mohammad Istiqamah Djamad a.k.a. Pusakata nampak sibuk di awal tahun ini. Ia tengah mempersiapkan debut albumnya bertajuk Dua Buku. Esok akan menggarap intimate showcase-nya di Jakarta. Namun sebelum itu, ia telah terlebih dahulu mempersembahkan single debutnya yang bertajuk “Jalan Pulang”.

Jalan Pulang menjadi single ketiga dari rekaman yang pernah dibuatnya, sebelumnya ia merilis “Kehabisan Kata” dan “Cemas”. Sesuai tajuknya, lagu ini bercerita tentang sebuah perjalanan pulang ke rumah. Pusakata mengungkapkan, lagu “Jalan Pulang” bercerita tentang momentum penyadaran diri. Sebuah perenungan untuk kembali mengingat rumah, mencari jalan pulang. Pulang ke rumah.

“Sebagai manusia, kita pasti ingin pergi meninggalkan rumah untuk bertualang sesuai imajinasi dan hasrat. Perjalanan ke banyak tempat dan bertemu dengan berbagai jenis kehidupan. Merasakan berbagai perubahan dalam diri secara dinamis. Tak jarang mengubah kita menjadi sosok dan pribadi yang baru,” tutur musisi yang sering disapa Is ini tentang lirik lagunya.

Baca juga:  Kejutan Romantis Coldiac Jelang Valentine
Pusakata / foto: dok. Pusakata.

Perubahan yang terjadi, menurutnya, bisa lebih baik dari sebelumnya atau menjadi lebih buruk. Pahit manisnya akan selalu melengkapi kita. Pergi mencari tenang, pergi mencari tantangan atau pergi mencari sesuatu yang tidak pernah kita bayangkan.

“Saat pergi ke mana saja atau ke antah berantah. Semakin lama semakin lupa. Lupa dari mana, lupa ingin apa, lupa akan rumah, dan tak tahu jalan pulang. Hasrat dan imajinasi menjadi teman setia mengejar cita-cita yang didamba,” ujar Pusakata.

Dari belakang / Pusakata / foto: dok. Pusakata.

Dari perasaan-perasaan itulah muncul kenginan kuat untuk kembali pulang ke rumah. Dan semua hal ini tergambar dengan manis dibalut lirik puitis dan disajikan dalam musik pop yang easy listening ditambah karakter vokal Pusakata yang merdu membuat lagu “Jalan Pulang” mengukuhkan citra musik Pusakata yang syahdu dan menenangkan.

Baca juga:  Ramengvrl Buat Pernyataan Baru Lewat “I Am Me”

Selain menulis lagu dan liriknya, Pusakata atau Is bertanggung jawab sepenuhnya terhadap album ini sebagai produser eksekutif. Tak hanya itu, dengan bantuan Sadrach Lukas sebagai produsernya, Is juga mengisi vokal utama, latar, gitar akustik di lagu ini. Sedangkan lick-lick gitar elektrik yang ada di album ini dipercayakannya kepada musisi/gitaris Denny Chasmala.

Artwork single Jalan Pulang

“Jalan Pulang” sudah bisa dinikmati di layanan streaming musik yang ada. Bagi kalian yang penasaran mendengar suara merdu Pusakata, silakan datang ke Coffeewar hari Jumat (12/4). Dapatkan infonya di sini.