Rachun Menentang Sikap ‘Kesewenang-wenangan’

51
Rachun / dok Rachun.

Rachun, sebuah trio dari label rekaman POTS (milik Potlot) asal Jakarta baru saja merilis single “Kenapa Harus” pada Rabu (25/09) lalu. Lagu ini akan mengisi EP ke-5 Rachun berjudul Sotoy yang akan dirilis pada Oktober 2019.

Setelah merilis EP Yaudah pada bulan Februari kemarin, single “Kenapa Harus” dirilis Rachun untuk menggambarkan ekspresi ketidaksetujuan sesorang terhadap peraturan yang sewenang-wenang, seperti aksi dari mahasiswa, aktivis, akademisi dan pihak lainnya akhir-akhir ini.

“Lagu ini ditulis tahun 2015 dengan penuh emosi. Gue pernah merasa jadi robot dan
seolah-olah ‘diarahkan’ menuju sesuatu yang sebetulnya bertentangan dengan prinsip pribadi gue. Gue ngerasain orang-orang disekitar yang punya power untuk membimbing dan udah dipercayakan sebagai ujung tombak, justru menggunakan kesempatan tersebut untuk memenuhi keuntungan mereka sendiri,” jelas Yudhis, gitaris sekaligus penulis lagu ini.

Rachun / dok. @pfphotoworks.

Direkam secara live dan di-mixing oleh Bayu Perkasa di Potsjam, serta mastering yang dilakukan Firas Raditya di studio Rekaman Pots, Lebih jauh lagi, Yudhis melihat lagu ini menjadi cermin optimismenya akan Indonesia.

“Adanya unjuk rasa secara massal di Indonesia di akhir September 2019, buat gue,
setidaknya menandakan negeri ini masih punya harapan,” tambah Yudhis.

Silakan nikmati single “Kenapa Harus” dari Rachun yang berbahaya ini di layanan streaming digital kesayangan kalian.