Rahmania Astrini – space (EP)

May 8, 2023
Ramania Astrini space

Rahmania Astrini kembali merilis album mini, space bernuansa R&B yang terasa tanggung bila dibandingkan EP sebelumnya, Adolescent (2020). Namun bila ini adalah teaser untuk album penuh, EP Rahmania Astrini ini berhasil membuat penasaran. 

Bila mengamati keseluruhan katalog Rahmania Astrini, menjadi amfibi adalah salah satu kelebihannya. Selain tone vokalnya yang bercengkok R&B. Ia bisa tampil dengan musik mendayu-dayu bernyanyi lirik bahasa Indonesia, ataupun berbahasa Inggris dengan musik R&B yang fasih. Daftar singel yang telah ia rilis pun seabrek. Keberanian Rahmania untuk bermain-main dengan area idealisnya di era data dan angka juga menjadi kekuatannya. Karena sebelumnya di 2019 ia muncul ngepop. 

Rahmania Astrini memiliki beberapa lagu dengan stream tertinggi dan masing-masingnya terbilang beragam. Dari “Aku Cinta Dia” (2018) yang ngepop mendayu-dayu, “Tak Bisa” (2020) yang lebih up beat,  “Finally Found You” (2020) yang soulful, “pizza peperoni” yang masih soulful tapi lebih playful. Baru dalam EP Adolescent (2020) ia membanting setir menjadi R&B sepenuhnya dan meninggalkan pop mendayu dan bahasa Indonesia.

Dalam perjalannya merilis EP “Space”, Rahmania Astrini juga merilis single-single yang menarik. “I don’t mind”, “Butterfly” dan cover milik MALIQ & D’Essentials, “Untitled”. Semua itu ditambah Adolescent, membuat Space yang hanya berisi empat lagu terasa benar-benar tanggung. 

Dibuka dengan “goodnight kiss”, balada gospel yang memikat. Berlanjut dengan “ground zero” yang ceria bernuansa bossanova dan jadi yang paling berbeda dan sangat catchy. Kembali melambat dan tetap joget-able di “nobody but you”, dan ditutup oleh “space (feat. Teddy Adhitya)” yang kembali melambat lagi. Total kurang dari 10 menit, album mini ini sungguh terasa begitu mini. Sekali lagi, bila ini adalah teaser album penuh, space milik Rahmania Astrinia ini berhasil membuat penasaran.

Penulis
Anto Arief
Suka membaca tentang musik dan subkultur anak muda. Pernah bermain gitar untuk Tulus nyaris sewindu, pernah juga bernyanyi/bermain gitar untuk 70sOC.

Eksplor konten lain Pophariini

Daftar Penyanyi Latar Musisi Indonesia

Sebuah lagu yang terdengar harmonis tak lepas dari sumbangsih warna vokal yang dihasilkan oleh penyanyi latar. Peran mereka kadang tak kasatmata atau mungkin dianggap lalu. Kenyataannya, penyanyi latar tidak bisa dianggap remeh. Jika menilik …

Lirik Lagu Matimuda Jenny adalah Doa Hidup Panjang dan Bermanfaat

Farid Stevy FSTVLST adalah salah satu nama yang langsung terpikir saat membahas penulis lirik berbahasa Indonesia terbaik. Paling tidak buat saya sebagai penulis artikel ini. Menyambut lusa yaitu Senin hari yang tak kalah sibuk, …