Rara Sekar Memperkenalkan Proyek Terbarunya, Hara

Oct 29, 2020

Perjalanan yang panjang bagi Rara Sekar dalam dunia seni musik, beberapa projek sempat dirinya kerjakan dan berakhir. Seperti yang baru terjadi pada Daramuda, projek tersebut merupakan salah satu projek Rara Sekar yang sudah berakhir.

Kali ini, Rara Sekar membuat projek solo bernama Hara. Resmi diluncurkan pada 19 Oktober 2020, yang diiawali dengan membawakan ulang lagu “Ati Bolong” yang rilis pada 22 Oktober 2020.

 Lagu “Ati Bolong” sendiri diciptakan oleh dalang wayang suket kelahiran Tegal, Jawa Tengah, yaitu Ki Slamet Gundono. Menariknya lagu “Ati Bolong”, merupakan lagu dengan penulisan beberapa lirik menggunakan bahasa Jawa atau kadang disebut sebagai tembang Jawa.

Menurut Rara Sekar, tembang Jawa tersebut adalah lagu yang sakral bagi dirinya. Karena menurutnya sakral, Rara Sekar juga berpikir tidak ingin membawa atau mengaransemen ulang lagu tersebut. Pandangan tersebut muncul justru saat Rara Sekar mendengar untuk pertama kalinya.

Tetapi, ada satu alasan yang tidak dapat disebutkan oleh Rara Sekar. Satu alasan tersebut, memanggil secara terus menerus untuk dirinya mengaransemen dan membawa lagu “Ati Bolong”. Maka diputuskan untuk menjadi lagu pertama dari Hara.

 

View this post on Instagram

 

It’s a strange time to be releasing new music because I know that everyone’s hurting in one way or another. But this song is very special to me as it has been a beautiful source of strength throughout this challenging year. And I hope you can connect to this song the way I do. Be well 🖤 Single pertama @musikhara berjudul Ati Bolong sudah bisa didengarkan di berbagai platform digital! Ati Bolong adalah sebuah tembang Jawa karya dalang wayang suket kelahiran Tegal, almarhum Ki Slamet Gundono, yang aku nyanyikan dan aransemen ulang. Sebenarnya, saat pertama kali mendengar lagu ini tidak pernah terlintas sedikitpun untuk menyanyikan apalagi mengaransemen ulang lagu ini. Waktu itu kupikir lagu ini terlalu sakral untuk dinyanyikan ulang. Namun, keterhubunganku yang dalam— yang tidak bisa dijelaskan— dengan lagu ini terus menerus memanggilku hingga pada akhirnya kuputuskan menjadi lagu pertama hara. Terima kasih banyak kepada keluarga Ki Slamet Gundono yang sudah mengizinkanku untuk menyanyikan Ati Bolong. Semoga interpretasiku menggambarkan kebesaran dan kedalaman karya-karya Ki Slamet Gundono yang telah menyentuh dan menggugah begitu banyak orang, bahkan lama setelah beliau berpulang. Selamat mendengarkan. Ati Bolong Written by Ki Slamet Gundono Performed by hara Arranged by Rara Sekar Larasati Produced by Rara Sekar Larasati & Febrian Mohammad Piano, vocals, soundscape by Rara Sekar Larasati
Electric guitar, ambience by Febrian Mohammad
Mixed by Febrian Mohammad Mastered by Greg Calbi Artwork by Ben Laksana 2020 © Akar wangi records x @redrose.records

A post shared by hara (@rarasekar) on

 “Semoga interpretasiku menggambarkan kebesaran dan kedalaman karya-karya Ki Slamet Gundono yang telah menyentuh dan menggugah begitu banyak orang, bahkan lama setelah beliau berpulang”, tulis Rara Sekar di akun Instagramnya.

Lagu “Ati Bolong” dibantu produksi oleh Febrian Mohammad dan Rara Sekar sendiri, pada mastering oleh Greg Calbi dan artwork oleh Ben Laksana.

Dengarkan “Ati Bolong” yang dibawakan ulang oleh Hara, di seluruh layanan streaming musik.

 

____

Penulis
Pop Hari Ini

Eksplor konten lain Pophariini

Daftar Penyanyi Latar Musisi Indonesia

Sebuah lagu yang terdengar harmonis tak lepas dari sumbangsih warna vokal yang dihasilkan oleh penyanyi latar. Peran mereka kadang tak kasatmata atau mungkin dianggap lalu. Kenyataannya, penyanyi latar tidak bisa dianggap remeh. Jika menilik …

Lirik Lagu Matimuda Jenny adalah Doa Hidup Panjang dan Bermanfaat

Farid Stevy FSTVLST adalah salah satu nama yang langsung terpikir saat membahas penulis lirik berbahasa Indonesia terbaik. Paling tidak buat saya sebagai penulis artikel ini. Menyambut lusa yaitu Senin hari yang tak kalah sibuk, …