Ravi Andika Gandeng Nama-Nama Besar di EP Perdana

Nov 23, 2022

Musisi muda asal Bandung, Ravi Andika merilis EP debutnya, Purwarupa. Sebelumnya Ravi yang berada di bawah naungan 301 Entertainment juga sudah merilis dua single lepasannya selama tahun 2022, “Picture, You.” dan “My Place” yang tidak termasuk dalam EP ini.

Ravi menjelaskan bahwa mini album ini merupakan rangkuman dari lagu-lagu yang pernah ditulisnya. Eksplorasi musik yang berbeda di lima nomor dalam album ini memang beresiko menimbulkan kesan tidak adanya benang merah, namun pemilihan diksi dalam lirik dan notasi khas Ravi selalu tersirat dalam setiap lagu, walau tidak segamblang itu.

Secara kasat mata, kelima lagu di EP ini memiliki makna sederhana seputar kebahagian, kehilangan dan pengorbanan. Namun jika menilik lebih jauh, maka makna yang tersirat jauh lebih kompleks dari yang terlihat. Mulai dari relasi yang skeptikal, elaborasi kepongahan, momen pra-kehilangan sampai pengorbanan.

Dalam proses penggarapan Purwarupa, sejumlah ‘jagoan’ dalam industri musik Indonesia juga ikut terlibat. Dani Primada dan Tomy Icom, sosok dibalik nama besar seperti Peterpan dan Geisha, berperan sebagai produser. Drum diisi oleh Ari Renaldi (produser Tulus dan Yura Yunita), lalu ada juga Ari Firman dari The Groove yang selain mengisi bass, juga bertugas mengaransemen strings untuk EP ini.

Selain sebagai penyanyi dan penulis lagu, Ravi Andika juga berperan mengisi track gitar, keyboard juga drum. Ia juga mendampingi Dani dan Tomy sebagai Co-Producer.

Meski memilih judul Purwarupa, namun EP ini bukan prototype coba-coba untuk menguji pasar. Pengalaman sensorik yang mengombang-ambing dengan sukacita sebagai penutup, itulah Purwarupa.


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

MALIQ & D’Essentials dan Fariz RM Bawakan Ulang ‘Barcelona’

MALIQ merilis ulang lagu “Barcelona” milik musisi kenamaan, Fariz RM. Mereka juga melibatkan sang empunya lagu sebagai kolaborator.

Efek Rumah Kaca – Rimpang

Sejauh ini, layak dikatakan bahwa Rimpang adalah album yang kuat, tapi apakah yang terbaik?