62

Rayakan 20 Tahun, Mocca Rilis Album Tribute

Mocca / dok. Mocca

Tak terasa Sudah 20 tahun lamanya Mocca hadir menemani kita semua. 20 tahun adalah umur yang bisa dibilang tidaklah muda untuk ukuran kehidupan bermusik. Oleh karena itu, di ulang tahun Mocca yang ke 20 ini, mereka menghadirkan sesuatu yang spesial untuk para penggemarnya. Mocca merilis album You and Me Against The World: Tribute to Mocca. Ini merupakan album kompilasi beberapa musisi muda yang menyanyikan ulang lagu Mocca favoritnya.

Bagi Mocca yang masih solid dalam formasi Arina Ephipania (vokal), Riko Prayitno (gitar), Achmad ‘Toma’ Pratama (bas), dan Indra Massad (drum), album ini sebagai upaya untuk menjadi jembatan dengan para musisi baru. Selain itu, album tribute ini juga menjadi wahana interpretasi baru terhadap lagu-lagu Mocca. 

Album You and Me Against The World: Tribute to Mocca menampilkan band Coldiac yang membawakan “On the Night Like This”, Asteriska (“My Only One”) , Bilal Indrajaya (“Object of My Affection”), Kelas Mocca (“Do What You Wanna Do”), NonaRia (“Teman Sejati”), Sky Sucahyo (“Secret Admirer” dan “What If”) , Mustache and Beard (“Ketika Semua Telah Berakhir”), Mardial (“Lucky Man”), dan The Panturas (“You and Me Againts The World”). Dengan karakter musik yang khas dari setiap band dan penyanyi, rentetan lagu Mocca yang dibawakan terdengar segar dan berbeda.

Mocca x Ardhito Pramono / Foto: dok. Mocca

Gitaris Mocca, Riko Prayitno mengungkapkan, proyek album tribute ini merupakan hasil kolaborasi label Lucky Me Music bersama Berita Angkasa, UNKL347, dan ALS Studio. Momen perayaan 20 tahun Mocca dianggap menjadi waktu yang pas untuk merilis album ini. 

Sampul Album You and Me Against The World

Pemilihan band dan solois ditentukan bersama antara Mocca dan Berita Angkasa. Menurut Riko, ada beberapa pertimbangan saat menentukan band dan penyanyi terlibat. Salah satunya adalah musisi pendatang baru tapi sudah punya karya. Tak hanya itu, awak Mocca juga memilih band dan penyanyi yang punya karakter khas. Perbedaan karakter ini yang membuat album You and Me Against The World: Tribute to Mocca jadi menarik. 

Riko mengungkapkan, pemilihan lagu langsung dipilih band dan penyanyi yang bersangkutan. Diskusi dengan awak Mocca juga tetap ada, tapi keputusan akhir tetap di band dan penyanyi. “Mocca sangat membebaskan para penyanyi dan band ini mengolah lagu-lagu Mocca. Mulai dari pemilihan lagu, aransemen, sampai cara membawakannya,” kata Riko. 

Foto: Jovy Akbar http://shutterbeater.com/

Single perdana dari album You and Me Against The World: Tribute to Mocca dipilih lagu “You and Me Against The World” yang dibawakan The Panturas. Lagu ini dianggap mewakili keseluruhan isi album, termasuk pesan ‘muda, beda, dan berbahaya’ yang ingin disampaikan album ini. Vokalis The Panturas, Abyan mengatakan, Mocca adalah band yang menemani mereka tumbuh. Mulai dari nonton video klip “Me & My Boyfriend” di MTV saat sekolah dasar, sampai sekarang mendengarkan album Lima. Rasa senang melihat dan mendengarkan Mocca tak pernah luntur.”Kami merasa terhormat, karena diajak membuat tribute, menyanyikan ‘You and Me Against The World untuk band yang influential ini,” ucap Abyan. 

Album You and Me Against The World: Tribute to Mocca dirilis dalam bentuk CD pada tanggal 1 November 2019, dan bisa didapatkan di UNKL Store. Album ini pun sudah dapat dinikmati melalui berbagai platform musik digital.

Baca juga:  Gaya Tompi dan Glenn Melerai Fansnya yang Cekcok