“Rindu Ini” di Bulan Kelahiran Chrisye

93

Biasanya ada banyak pertimbangan dalam memilih lagu andalan untuk dirilis ke khalayak. Tahun ini Musica Studio’s, label rekaman yang menaungi Chrisye tanpa ragu mengeluarkan karya spesial dari almarhum yang belum pernah dirilis sebelumnya berjudul “Rindu Ini”.

Sebenarnya, lagu ini sudah rampung dari tahun 1992. Pihak label memutuskan untuk tidak lagi menyimpannya lebih lama, bertepatan di bulan kelahiran Chrisye. Lagu diciptakan Tito Soemarsono dan Cecep. Tito Sumarsono sosok di balik “Pergilah Kasih” yang menjadi hit era 80an. 

Dapat dipastikan siapapun penciptanya. Begitu Chrisye yang menyanyikan tetaplah rasa Chrisye. Lagu “Rindu Ini” bercerita tentang seseorang yang jatuh hati terhadap pasangannya. Seseorang yang menyimpan kerinduan namun tetap tulus mencintai sang kekasih sampai akhir hayat.

Dwiki Dharmawan selaku produser musik lagu “Rindu Ini” mengungkapkan, lagu dibuat menggunakan balutan teknologi keluaran awal 90-an yang terbilang modern pada masanya. 

Apabila didengarkan dengan seksama, aransemen dan musiknya masih relevan dengan zaman sekarang. Proses pembuatannya pun hanya memakan sekitar satu minggu.

Sementara menurut Indrawati Widjaja atau akrab disapa Bu Acin selaku Executive Producer dari Musica Studio, saat itu proses untuk pemilihan lagu ‘andalan’ tidaklah mudah. 

“Lagu andalan biasanya terdiri dari beberapa lagu, sehingga diperlukan pertimbangan yang matang untuk memasukkan lagu andalan ke dalam rangkaian album selanjutnya.”

“Demikian juga dengan lagu ‘Rindu Ini’. Lagu ini adalah salah satu lagu yang saat itu diunggulkan dan masih tersimpan rapi sampai saat ini. Musica baru memutuskan untuk mengeluarkan lagunya sekarang karena lagu ini dirasa memiliki materi bagus dan tetap bisa dinikmati oleh pencinta musik saat ini,“ kata Ibu Acin dalam siaran pers.

Sudah tiga belas tahun Chrisye berpulang. Istri tercinta, Yanti Noor menyusulnya awal tahun 2020. Selama tiga dekade, Chrisye semasa hidupnya menyanyikan banyak lagu yang sekarang tetap rajin diputar oleh banyak orang. Rindu ini adalah keabadian.

 

____