Sandrayati Fay – Safe Ground

Apr 17, 2023
Sandrayati Safe Ground

Apa yang terjadi bila penyanyi-penulis lagu folk asal Bali merekam album di Islandia? Output-nya adalah album perdana Sandrayati, Safe Ground yang dingin, sepi, dan meditatif.

Album perdana biduanita yang besar Bali dan pulau Jawa ini direkam saat dirinya menetap di Islandia. Dibantu oleh produser dan multi instrumentalis, Ólafur Arnalds. Musisi nominator Grammy Awards yang dikenal piawai memadukan instrumen gesek, piano dengan loops dan beats, juga nuansa ambient dan elektronik.

Selain sentuhan produsernya, lanskap geografis Islandia pun kentara hadir dalam album perdana ini. Dalam dua EP sebelumnya Sandrayati patuh pakem musik folk yang dominan suara gitar akustik baik petikan ataupun genjrengan. Sedangkan pada Safe Ground terdengar lebih minimalis. Musik yang dihasilkan jauh lebih lembut. Mengesampingkan ekspresi lugas, mengedepankan ekspresi kontemplatif.

Apa yang terjadi bila penyanyi-penulis lagu folk asal Bali merekam album di Islandia? Output-nya adalah album perdana Sandrayati, Safe Ground yang dingin, sepi, dan meditatif

Kondisi geografis Islandia yang dikelilingi pegunungan salju dengan cuaca dingin ekstrem membuat musisinya menjadi melankolis dan kontemplatif. Rasa terisolasi dan kesendirian dari dunia luar membuat musik Islandia terdengar berbeda. Sigur Ros dan Bjork salah satunya. Semua hal itu turut membentuk unsur Safe Ground yang meditatif. 

Piano akustik dan denting gitar yang dimainkan perlahan berpadu dengan lirih vokal Sandrayati dalam balutan soundscape dan instrumen gesek yang membayangi syahdu menjadi benang merah album ini. Vokal Sandrayati pun patut digaris bawahi. Lembut membasahi dengan vibra dan falsetto-nya bisa meliuk tinggi tajam nan indah. Melakukan chanting dan ad libs yang menambah kesyahduan lagu-lagunya.

Safe Ground terdengar lebih minimalis. Musik yang dihasilkan jauh lebih lembut. Mengesampingkan ekspresi lugas, mengedepankan ekspresi kontemplatif

Dibuka oleh “Easy Quiet” dengan gitar elektrik lembut bertempo lambat yang membelai telinga dengan nyaman, tempo sedikit menanjak dalam “Petals to the Fear”, dilanjutkan “New Dawn”. Pengaruh album Blue, Joni Mitchell terasa menyeruak.

Sandrayati tidak lupa memberikan ode pada tempatnya dibesarkan. Mempersembahkan dua lagu berbahasa Indonesia di album ini. “Segala Baru” yang bertempo sangat lambat, begitu sepi dan kontemplatif. Ia juga menyertakan single yang sempat dirilis dalam album perdana trio Daramuda “Suara Dunia”. Yang dihadirkan juga dalam bentuk video musik sebagai penghormatan atas kemenangan warga Mollo di Timor Barat melawan pembangunan tambang.

Vokal Sandrayati pun patut digaris bawahi. Lembut membasahi dengan vibra dan falsetto-nya bisa meliuk tinggi tajam nan indah. Melakukan chanting dan ad libs yang menambah kesyahduan lagu-lagunya

Berikutnya “Found” terasa mengalir seperti menyusuri perjalanan tak bertepi, dengan orkestrasi yang memuncak. Dalam “Vast” sang produser unjuk gigi sebagai musisi kolaborator. Denting piano mulai dominan mengambil alih Safe Ground. ”Smoke” yang ditemani gitar elektrik basah dengan efek tremolo memuncak kembali dengan orkestra yang megah. “Bending Birch” yang lirih. Ditutup oleh acapella, “Holding Will Do”.

Saya sendiri mendapatkan album ini terputar berulang, tanpa disadari dan mengambil tempat nyaman dalam diri menjadi safe ground. Ampuh menentramkan dan mampu melambatkan hari-hari padat aktivitas yang terasa cepat. Dengan semua itu, tidak menutup kemungkinan Safe Ground ini bisa berdampak sama pada pendengar lain.

 


 

Penulis
Anto Arief
Suka membaca tentang musik dan subkultur anak muda. Pernah bermain gitar untuk Tulus nyaris sewindu, pernah juga bernyanyi/bermain gitar untuk 70sOC.

Eksplor konten lain Pophariini

Gagasan Perayaan Risky Summerbee & The Honeythief di Single Carnivalesque

Berjarak 2 bulan dari perilisan “Perennial”, Risky Summerbee & The Honeythief kembali lagi membawa yang terbaru dalam tajuk “Carnivalesque” hari Jumat (14/06).   Rizky Sasono yang menuliskan lirik lagu ini dengan mengangkat tema perayaan …

Lirik Lagu Lekas Pulang Johnny The Rang-Rangs tentang Kawan yang Antik

Pophariini memutuskan pilih lagu dengan tema persahabatan untuk artikel lirik kali ini. Setelah melakukan pencarian apa kira-kira yang cocok dengan tema sekaligus memiliki penulisan lirik yang nyeleneh, akhirnya jatuh kepada “Lekas Pulang Johnny” milik …